BAB III
HASIL
PENGAMATAN
A. Proses Belajar Mengajar di kelas 7.1
SMP Negeri 5 Pringsewu
Dalam kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 5 Pringsewu kelas VII.1 strategi yang digunakan dalam pembelajaran yaitu Strategi
Pembelajaran Inkuiri (SPI) dan metode pembelajaran yang digunakan oleh Guru adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan
penugasan. Ketiga metode diatas digunakan secara bersamaan dalam proses
pembelajaran. Untuk menggabungkan ketiga metode diatas, guru mempunyai cara
tersendiri. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran yang diterapkan guru kami deskripsikan secara naratif, yaitu:
1. Pendahuluan
Guru
memasuki ruangan belajar dan menyapa dengan salam, Kemudian peserta didik
memberikan salam kepada guru dan membaca do’a, mengondisikan kelas dalam
keadaan bersih dan mengondisikan kelas dalam situasi belajar dan mengabsen
siswa.
Kemudian
guru melakukan tanya jawab cerita fabel dalam kehidupan sehari-hari. dibuka
dengan contoh-contoh judul-judul cerita fabel yang pernah dibaca siswa,
kemudian bertanya jawab tentang fungsi fabel dalam dunia moderen saat ini.
Kemudian guru mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai
dalam pembelajaran tersebutdan membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada kompetensi
dasar dua.
2.
Kegiatan Inti
Guru mengarahkan siswa agar dapat mengetahui materi
yang berkenaan dengan fabel. Kemudian siswa diminta membaca fabel yang berjudul
“ Belalang Sembah dan Sesama Saudara Harus Berbagi” yang terdapat pada buku
teks, sambil bertanya jawab tentang isi cerita, meringkas urutan peristiwa
cerita fabel dengan berdiskusi ciri cerita fabel dan bermain untuk menyimpulkan
ciri umum fabel dari segi isi dan aspek kesastraannya ( alur, tokoh, latar,
amanat, dll.) untuk di bandingkan antara fabel I dan Fabel II sebagai tugas
pribadi yang langsung dikumpulkan dan di koreksi hari itu juga..
3. Kegiatan Akhir
Guru bersama
siswa menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari, sekaligus guru
bersama siswa membahas atau mengulangan kembali materi yang diberikan pada hari
itu juga, siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran, dan siswa
diwajibkan membaca fabel minimal 1 buah.
Kemudian guru
mengingatkan kembali kepada peserta didik bahwa dipertemuan berikutnya akan
dibahas kembali berkenaan dengan materi tentang fabel dan memberitahukan bahwa
tugas yang belum selesai dalam koreksi guru akan dibagikan pada pertemuan
berikutnya. Kemudian bersama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a dan
memberikan salam.
B.
Hal-hal yang
perlu ditingkatkan dalam proses pembelajaran bahasa indonesia di SMP Negeri 5
Pringsewu
1. Guru
a.
Media
Guru hendaknya bisa lebih variatif
dalam menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik sehingga peserta didik
lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dengan baik tidak hanya
menggunakan media buku teks dan papan tulis saja, karena pembahasan materinya
tentang cerita fabel.
b.
Pendekatan pada peserta didik pada
saat kegiatan pembelajaran
Seorang guru
hendaknya lebih bisa melakukan pendekatan individual dan kelompok dengan cara
dapat membagi waktunya untuk dekat dalam proses diskusi yang sedang berjalan
bukan hanya duduk dan membiarkan siswa berfikir sendiri.
c.
Evaluasi
Seharusnya guru lebih fokus serta
dapat memanfaatkan waktu yang ada dan dapat pula mempertimbangkan waktu untuk
proses evaluasi pembelajaran sehingga pada saat berakhirnya proses pembelajaran
hasil evaluasi dapat selesai tepat waktu pada saat pembelajaran sudah berakhir,
bukan waktunya digunakan untuk melakukan obrolan santai pada saat pembelajaran
sedang berlangsung sehingga evaluasi pembelajaran hari itu tidak dapat terselesaikan
tepat waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar