Selasa, 25 Juni 2019

HASIL PENGAMATAN Proses Belajar Mengajar di kelas 7.1 SMP Negeri 5 Pringsewu


BAB III
HASIL PENGAMATAN

A.    Proses Belajar Mengajar di kelas 7.1 SMP Negeri 5 Pringsewu
Dalam kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 5 Pringsewu kelas VII.1 strategi yang digunakan dalam pembelajaran yaitu Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)   dan metode pembelajaran yang digunakan oleh Guru adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan. Ketiga metode diatas digunakan secara bersamaan dalam proses pembelajaran. Untuk menggabungkan ketiga metode diatas, guru mempunyai cara tersendiri. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang diterapkan guru kami deskripsikan secara naratif, yaitu:  
1.      Pendahuluan
Guru memasuki ruangan belajar dan menyapa dengan salam, Kemudian peserta didik memberikan salam kepada guru dan membaca do’a, mengondisikan kelas dalam keadaan bersih dan mengondisikan kelas dalam situasi belajar dan mengabsen siswa.
Kemudian guru melakukan tanya jawab cerita fabel dalam kehidupan sehari-hari. dibuka dengan contoh-contoh judul-judul cerita fabel yang pernah dibaca siswa, kemudian bertanya jawab tentang fungsi fabel dalam dunia moderen saat ini. Kemudian guru mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebutdan membangun konteks untuk menumbuhkan  sikap yang telah dirancang pada kompetensi dasar dua.
2.      Kegiatan Inti
Guru mengarahkan siswa agar dapat mengetahui materi yang berkenaan dengan fabel. Kemudian siswa diminta membaca fabel yang berjudul “ Belalang Sembah dan Sesama Saudara Harus Berbagi” yang terdapat pada buku teks, sambil bertanya jawab tentang isi cerita, meringkas urutan peristiwa cerita fabel dengan berdiskusi ciri cerita fabel dan bermain untuk menyimpulkan ciri umum fabel dari segi isi dan aspek kesastraannya ( alur, tokoh, latar, amanat, dll.) untuk di bandingkan antara fabel I dan Fabel II sebagai tugas pribadi yang langsung dikumpulkan dan di koreksi hari itu juga..
3.      Kegiatan Akhir
Guru bersama siswa menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari, sekaligus guru bersama siswa membahas atau mengulangan kembali materi yang diberikan pada hari itu juga, siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran, dan siswa diwajibkan membaca fabel minimal 1 buah.
Kemudian guru mengingatkan kembali kepada peserta didik bahwa dipertemuan berikutnya akan dibahas kembali berkenaan dengan materi tentang fabel dan memberitahukan bahwa tugas yang belum selesai dalam koreksi guru akan dibagikan pada pertemuan berikutnya. Kemudian bersama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a dan memberikan salam.

B.     Hal-hal yang perlu ditingkatkan dalam proses pembelajaran bahasa indonesia di SMP Negeri 5 Pringsewu
1.  Guru
a.    Media
Guru hendaknya bisa lebih variatif dalam menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik sehingga peserta didik lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dengan baik tidak hanya menggunakan media buku teks dan papan tulis saja, karena pembahasan materinya tentang cerita fabel.
b.      Pendekatan pada peserta didik pada saat kegiatan pembelajaran
Seorang guru hendaknya lebih bisa melakukan pendekatan individual dan kelompok dengan cara dapat membagi waktunya untuk dekat dalam proses diskusi yang sedang berjalan bukan hanya duduk dan membiarkan siswa berfikir sendiri.
c.    Evaluasi
Seharusnya guru lebih fokus serta dapat memanfaatkan waktu yang ada dan dapat pula mempertimbangkan waktu untuk proses evaluasi pembelajaran sehingga pada saat berakhirnya proses pembelajaran hasil evaluasi dapat selesai tepat waktu pada saat pembelajaran sudah berakhir, bukan waktunya digunakan untuk melakukan obrolan santai pada saat pembelajaran sedang berlangsung sehingga evaluasi pembelajaran hari itu tidak dapat terselesaikan tepat waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda