RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
Program : Semua program keahlian
Aspek Pembelajaran :
Menulis, berbicara
Standar Kompetensi :
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Kompetensi Dasar :
Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun
Indikator :
·
Mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif dan mengaplikasikannya
·
Mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang santun dan mengaplikasikannya
Alokasi Waktu : 6 x
45 menit (3 kali pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Memberikan catatan terhadap penggunaan kalimat yang komunikatif
dalam kehidupan sehari-hari
·
Memahami dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
kalimat yang baik dan santun
·
Memahami kalimat yang cermat dan santun pada teks pidato dan
wawancara
B. Materi
Pembelajaran
·
Menggunakan kalimat yang komunikatif
·
Menggukan kalimat yang baik, tepat, dan santun
C. Metode
Pembelajaran
·
Dikusi kelompok
·
Presentasi
·
Tanya jawab
·
Demonstrasi
·
Penugasan
D. Kegiatan
Pembelajaran
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pembuka
|
·
Guru bertanya kepada siswa
mengenai kebiasaan menuangkan ide dengan kalimat komunikatif.
·
Siswa diajak mencermati
menggunakan bahasa dalam menggunakan ide/gagasan.
·
Siswa di ajak menganalisis
penggunaan kaidah dalam berbahasa.
|
Inti
|
Pertemuan ke-1 (90’)
|
·
Siswa memahami konsep penggunaan
kalimat yang komunikatif lengkap dengan contoh.
·
Siswa berlatih menganalisis
penggunaan kalimat yang komunikatif.
·
Siswa membuat daftar kalimat dawi
wacana yang bersifat komunikatif.
|
|
Pertmeuan ke 2 (90’)
|
|
·
Siswa berkelompok
mendengarkanrekaman berita dari. TV/Radio dengan memperhatikan penggunaan
kalimat yang komunikatif.
·
Siswa mencatat penggunaan kalimat-kalimat
yang tidak komunikatif dan membenarkannya.
|
|
Pertemuan ke-3 (90’)
|
|
·
Siswa memahami konsep yang
baik,cermat dan santun.
·
Siswa menggunakan kalimat yang
baik, cermat, dan santun.
·
Siswa dapat memperagakan
berkomunikasi menggunakan kalimat yang baik, cermat,dan santun dan
menyimpulkannya dengan kalimat yang baik, cermat, santun pula.
|
|
Penutup
(internalisasi dan refleksi)
|
·
Siswa mengerjakan Uji Keterampilan
Berbahsa ( Bahasa Indonesia tataran semenjana untuk SMK dan MAK kelas X karya
Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, Hal 114-115) Untuk memahami ulang
konsep-konsep pembelajaran sebelumnya.
|
E. Sumber
Belajar
-
Pustaka Rujukan :
·
Bahasa Indonesia Tataran
Semenjana untuk SMK dan MAK kelas X
karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 Halaman 105-116
·
Bahasa Indonesia (BSE)
·
Kamus Besar Bahasa Indonesi terbitan balai pustaka 2003
·
Pedoman Umum Ejaan yang
Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 2011
-
Website Internet
-
Narasumber
-
Model peraga
-
Lingkungan siswa
F.
Penilain
Teknik Dan
Bentuk
|
v
|
Tes Lisan
|
v
|
Tes Tertulis
|
|
v
|
Observasi Kinerja / Demonstrasi
|
|
v
|
Tagihan Hasil Karya : tugas
|
|
v
|
Pengukuran Sifat
|
|
v
|
Penilaian Diri
|
|
Instrumen/Soal
|
Sejumlah soal Uji Mandiri Untuk Lebih Memahami Materi.
Sejumlah daftar pertanyaan
untuk meningkatkan pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang
berorientasi pada penggunaan kalimat yang baik, cerman dan santun
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk
memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerap materi ajar
|
|
Rubik/Kriteria Penilaian/Belangko Observasi
|
Rubrik penilaian tugas menulis dan mempresentasikan hasil
wawancara (Terlampir)
|
Rubik Penilaian Presentasi / Penyajian Informasi (Wawancara)
Nama :
Kelas/No. Abs :
Tanggal Penilaian :
Kompetensi Dasar : Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun
Aspek
|
Rincian
|
Nilai
|
|||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Amat baik
|
||
D (3)
|
C (5)
|
B (7)
|
A (9)
|
||
Isi
|
Selaras dengan tema
|
||||
Mengandung pesan aktual
|
|||||
Sesuai dengan jenisnya
|
|||||
Utuh dan tuntas
|
|||||
Penggunaan Bahasa Wawancara
|
Orisinal dan kreatif
|
||||
Kesantunan
|
|||||
Kecermatan penggunaan kalimat
|
|||||
Mencerminkan perbendaharaan kata yang kaya
|
|||||
Bervariatif dan sesuai konteks
|
|||||
Menggunakan kata tugas dan proporsional
|
|||||
Terpola secara teratur
|
|||||
Unsusr lengkap memenuhi pembukaan, isi, dan penutup
|
|||||
Penyampaian runtut
|
|||||
Komentar
|
Kekurangan
|
||||
Kelebihan
|
|||||
Jumlah Skor
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar