ANALISIS STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
Nama Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
: VII
Semester
: Ganjil dan
Genap
Tahun Pelajaran : 2019/2020
SKL |
Kompetensi
Inti (KI) |
Kompetensi
Dasar (KD) |
Indikator
(IPK) |
Materi
Pemebelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Rencana
Penilaian |
|
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. ·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai
besaran dengan menggunakan satuan standar (baku) 4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat
ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di
sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku |
3.1.1 Menjelaskan 3 keterampilan proses
penyelidikan IPA 3.1.2 Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA 3.1.3 Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA 3.1.4 Menjelaskan pengertian pengukuran 3.1.5 Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran)
dan tidak dapat diukur (bukan besaran). 3.1.6 Membandingkan satuan baku dan tidak baku 3.1.7 Memahami kegunaan satuan baku dalam
pengukuran 3.1.8 Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional) 3.1.9 Menjelaskan pengertian besaran pokok 3.1.10 Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta
satuannya 3.1.11 Menjelaskan pengertian besaran turunan 3.1.12 Menyebutkan macam-macam besaran turunan
beserta satuannya 4.1.1 Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan
mengomunikasikan hasil 4.1.2 Melakukan pengukuran dengan satuan tidak
baku 4.1.3 Melakukan pengukuran besaran- besaran
panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari 4.1.4 Melakukan pengukuran besaran- besaran
turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari |
Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan
Pengamatannya |
· Mengamati diri
sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di
sekitar untuk
melihat ciri-ciri yang dapat diamati seperti tinggi badan,
warna rambut, warna kulit · Mengukur panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan
tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran · Mengumpulkan
informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa
jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan
tanaman, dan lain-lain. · Melakukan
percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku untuk mendapatkan konsep satuan
baku dan tak baku · Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran dengan
alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman |
|
|
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. ·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda
berdasarkan karakteristik yang diamati. 4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk
hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati. |
3.2.1 Menyajikan hasil pengamatan,
mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya. 3.2.2 Menjelaskan benda-benda di sekitar yang
bersifat alamiah. 3.2.3 Menjelaskan benda-benda di sekitar yang
bersifat buatan manusia. 3.2.4 Menjelaskan benda-benda yang bersifat
kompleks dan bersifat sederhana. 3.2.5 Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis
benda di sekitar. 3.2.6 Melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup
dan benda tak hidup. 3.2.7 Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup. 3.2.8 Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda
tak hidup. 3.2.9 Melakukan pengamatan terhadap berbagai
makhluk hidup di sekitarnya. 3.2.10 Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di
sekitarnya. 3.2.11 Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan
prinsip klasifikasi. 4.2.1 Peserta didik dapat menyajikan hasil
pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya. 4.2.2 Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup. 4.2.3 Peserta didik mampu melakukan pengelompokan
dikotom dan membuat kunci determinasi 4.2.4 Peserta didik dapat mengamati dan memahami
tentang kelompok makhluk hidup yang berukuran kecil, yang sebagian besar
berada dalam Kingdom Monera dan Protista Uniseluler. 4.2.5 peserta didik dapat mengamati dan memahami
tentang kingdom tumbuhan dan hewan. |
Klasifikasi Makhluk Hidup |
·
Mengamati
manusia, tumbuhan, hewan, dan benda di lingkungan sekitar, gejala-gejala
kehidupan yang menunjukkan ciri-ciri mahluk hidup serta pengelompok-kannya
dengan indera dan dengan bantuan mikroskop ·
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar ·
Mengumpulkan informasi mengenai klasifikasi mahluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang
diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan
animalia ·
Menyajikan hasil
mengklasifikasi makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan
mendiskusikan-nya dengan teman |
|
|
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. ·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
3.3 Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal
(unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam
kehidupan sehari-hari 4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau karya
tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan
campuran |
3.3.1 Menggolongkan karakteristik materi. 3.3.2 Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan
campuran. 3.3.3 Menjelaskan metode pemisahan campuran. 3.3.4 Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia. 3.3.5 Mendeskripsikan perubahan fisika dan
perubahan kimia. 4.3.1 Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap berbagai materi dalam bentuk padat, cair, dan gas. 4.3.2 Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap berbagai materi dalam bentuk unsur, senyawa, dan campuran. 4.3.3 Peserta didik dapat menjelaskan pengamatan,
inferensi danmengomunikasikannya tentang perubahan fisika dan perubahan kimia
melalui beberapa rangkaian pengamatan dan percobaan 4.3.4 Peserta didik dapat melakukan tentang
beberapa metode pemisahan campuran (filtrasi, sentrifugasi, kromatografi,
destilasi, dan sublimasi) |
Zat dan Karakteristiknya |
·
Mengamatiberbagai
benda dalam kehidupan sehari-hari yang mengalami perubahan, misalnya air
menjadi es, es menjadi air, air menjadi uap, kertas dibakar menjadi abu, besi
berkarat, makanan menjadi basi, dll ·
Melakukan
penyelidikan karakteristik zat (padat, cair, dan gas) serta mengumpulkan
informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran ·
Melakukan
penyelidikan asam, basa, dan garam menggunakan indikator buatan dan alami ·
Melakukan
percobaan teknik pemisahan campuran, misalnya melalui penyulingan,
kromatografi, atau penyubliman ·
Menyajikan hasil
penyelidikan sifat fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari danmendiskusi- kannya dengan teman |
|
|
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. ·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan 4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor |
3.4.1 Menjelaskan definisi suhu. 3.4.2 Menjelaskan berbagai jenis termometer. 3.4.3 Menentukan skala suhu dengan melakukan
pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer. 3.4.4 Menentukan skala thermometer tak berskala
dengan membandingkan dengan temometer berskala. 3.4.5 Menjelaskan definisi pemuaian. 4.4.1 Peserta didik dapat menyajikan hasil
pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil penyelidikannya tentang
fungsi perasa sebagai pengukur suhu melalui percobaan 4.4.2 Peserta didik dapat membuat skala suhu,
melakukan pengukuran suhu dengan termometer skalanya, serta membandingkannya
secara pengukuran dengan termometer skala suhu yang telah kenali. 4.4.3 Peserta didik dapat menyajikan hasil
pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil penyelidikannya tentang
energi panas benda. 4.4.4 Peserta didik dapat menyelidiki
karakteristik suhu benda pada saat benda mengalami perubahan wujud. |
Suhu dan Perubahannya |
·
Mengamati
peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud
benda setelah menerima atau melepas kalor ·
Melakukan
percobaan mengukur suhu benda menggunakan thermometer serta menyelidiki
pemuaian pada benda padat, cair, dan gas ·
Melakukan
percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud
benda serta perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi ·
Mengumpulkan
informasi mengenai berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup
dalam kehidupan sehari-hari ·
Menyajikan hasil
percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman |
|
|
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. ·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan 4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor |
3.4.1 Mengetahui pengertian suhu dan termometer
serta jenis termometer. 3.4.2 Menentukan skala suhu dengan melakukan
pengukuran suhu dengan termometer skalanya, serta membandingkannya secara pengukuran dengan
termometer skala suhu yang telah dikenal. 3.4.3 Menjelaskan pengertian kalor. 3.4.4 Mendeskripsikan hubungan kalor dengan suhu dan hubungan kalor dengan
perubahan wujud. 3.4.5 Menentukan macam- macam perpindahan kalor. 4.4.1 Peserta didik dapat menyelidiki pengaruh
jenis bahan terhadap kemampuan menghantarkan kalor pada peristiwa konduksi. 4.4.2 Peserta didik dapat menyajikan hasil
perancangan pemanfaatan radiasi kalor. |
Kalor dan Perpindahannya |
·
Mengamati
berbagai aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan
penggunaan energi dan krisis energi ·
Meyelidiki sumber
energi dan perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percobaan ·
Mengumpulkan
informasi mengenai perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan
fotosintesis dan mengukur laju
respirasi hewan hubungannya dengan berat badan ·
Menyajikan hasil
percobaan perubahan bentuk energi dan percobaan fotosintesis dan respirasi
dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman |
|
|
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. ·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
3.5 Menganalisis konsep energi, berbagai sumber
energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk
fotosintesis 4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan
bentuk energi, termasuk fotosintesis |
3.5.1 Menjelaskan 3 konsep energi dan sumber-
sumber energi. 3.5.2 Menjelaskan perubahan energi yang terjadi
di alam dan dalam tubuh. 3.5.3 Menjelaskan konsep fotosintesis. 4.5.1 Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan
mengomunikasikan hasil. |
Energi dalam Sistem Kehidupan |
·
Mengamati torso
manusia atau organ tubuh bagian dalam dari ikan/katak/ burung/kadal ·
Mengindetifikasi
perbedaan antara sel, jaringan, organ, dan sistem organ pada hewan dan
tumbuhan melalui pengamatan mikroskopik dan makroskopik ·
Membuat model
struktur sel hewan atau tumbuhan menggunakan bahan yang mudah didapat di
lingkungan sekitar dan mendiskusikan hasilnya |
|
|
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. ·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan
mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel 4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan |
3.6.1 Menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan. 3.6.2 Menjelaskan tentang sistem. 3.6.3 Melakukan pengamatan sel dengan menggunakan
mikroskop. 3.6.4 Melakukan pengamatan jaringan dengan
menggunakan mikroskop. 3.6.5 Menjelaskan pengertian organ. 3.6.6 Membedakan antara jaringan, organ, dan
sistem organ. 3.6.7 Menjelaskan konsep sistem organ dan
organisme. 3.6.8 Menyebutkan 3 contoh sistem organ yang
menyusun organisme. 3.6.9 Memiliki keterampilan berbicara di depan
kelas melalui kegiatan presentasi hasil projek sel. 4.6.1 Peserta didik dapat melakukan kerja ilmiah
di sekolah/laboratorium 4.6.2 Peserta didik dapat melakukan pengamatan
sel dengan menggunakan mikroskop. 4.6.3 Peserta didik dapat melakukan pengamatan
jaringan dengan menggunakan mikroskop. |
Sistem Organisasi Kehidupan |
·
Mengamati
ekosistem buatan berupa akuarium atau kolam ikan, difokuskan pada komponen
biotik dan abiotik serta interaksi yang terjadi di dalamnya ·
Melakukan
penyelidikan untuk mengidentifikasi komponen abiotik dan biotik yang ada pada
lingkungan sekitar serta interaksi yang terjadi didalamnya dalam bentuk
rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan simbiosis ·
Melakukan
percobaan pertumbuhan populasi terhadap ketersediaan ruang dan lahan
pertanian serta dampaknya bagi lingkungan ·
Membuat laporan
hasil percobaan interaksi antara komponen biotik dan abiotik serta dampak
dinamika populasi dan mendiskusi-kannya dengan teman. |
|
|
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. ·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup
dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut 4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap
interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. |
3.7.1 Menjelaskan konsep lingkungan dan komponen-
komponennya. 3.7.2 Melakukan pengamatan lingkungan dan
mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik. 3.7.3 Menjelaskan pengertian interaksi. 3.7.4 Menjabarkan pola-pola interaksi. 3.7.5 Menjelaskan konsep bentuk saling
ketergantungan makhluk hidup. 3.7.6 Menyebutkan perbedaan antara rantai makanan
dengan jaring-jaring makanan, rantai makanan de tritus dengan rantai makanan
perumput. 3.7.7 Memiliki keterampilan berbicara di depan
kelas melalui kegiatan presentasi hasil eksplorasi. 4.7.1 Peserta didik dapat melakukan pengamatan
lingkungan dan mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik. 4.7.2 Peserta didik mampu mempresentasikan hail
pengamatan mengenai konsep saling kebergantungan antar makhluk hidup. |
Interaksi Mahluk Hidup dengan
Lingkungan |
·
Mengamati
berbagai pencemaran dilingkungan sekitar ·
Mengumpulkan
informasi serta menganalisis penyebab dan dampak pencemaran udara, air, dan
tanah bagi ekosistem, merumuskan masalah
serta mengajukan penyelesaian masalahnya ·
Membuat laporan
tentang penyelesaian masalah pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar |
|
|
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. ·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran
lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem 4.8 Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian
masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan |
3.8.1 Menjelaskan pengertian Pencemaran
Lingkunagan. 3.8.2 Menjelaskan macam- macam Pencemaran
Lingkungan. 3.8.3 Menjelaskan pengertian pencemaran air. 3.8.4 Menyelidiki pengaruh air jernih dari
tercemar terhadap kondisi (pergerakan) ikan) 3.8.5 Membuat gagasan tertulis tentang bagaimana
mengatasi dan mengurangi pencemaran air. 3.8.6 Menjelaskan pengertian pencemaran udara. 3.8.7 Menyebutkan faktor-faktor penyebab
pencemaran udara. 3.8.8 Menjelaskan dampak pencemaran udara. 3.8.9 Menjelaskan pengertian pencemaran tanah. 3.8.10 Menjelaskan dampak pencemaran tanah. 3.8.11 Membuat gagasan tertulis tentang bagaimana
mengurangi dampak pencemaran tanah. 4.8.1 Membuat laporan tentang penyelesaian
masalah pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar |
Pencemaran Lingkungan |
·
Mengamati
tayangan tentang dampak perubahan iklim ·
Mengumpulkan
informasi mengenai proses dan dampak terjadinya perubahan iklim bagi
ekosistem ·
Mengajukan
gagasan tentang penanggulangan masalah perubahan iklim dalam bentuk laporan
tertulis, dan mempresentasikan gagasannya untuk ditanggapi temannya |
|
|
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. ·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya
bagi ekosistem 4.9 Membuat tulisan tentang gagasan
adaptasi/penanggulangan masalah perubahan iklim |
3.9.1 Menjelaskan pengertian efek rumah kaca. 3.9.2 Menjelaskan proses terjadinya pemanasan
global. 3.9.3 Mendeskripsikan definisi pemanasan global. 3.9.4 Mendeskripsikan penyebab terjadinya
pemanasan global. 3.9.5 Mendeskripsikan dampak dari pemanasan
global bagi kehidupan di bumi. 3.9.6 Mendeskripsikan beberapa upaya
menanggulangi pemanasan global. 4.9.1 Peserta didik mampu mengamati atau
mengobservasi pemanasan global, dan juga mampu mempresentasikan hasil
observasi yang telah dikerjakan |
Perubahan Iklim |
·
Mengamati
tayangan atau model lapisan bumi ·
Mengumpulkan
informasi mengenai lapisan bumi dan mekanisme terjadinya letusan gunung
berapi, gempa bumi, dan tsunami ·
Menyajikan hasil
studi literatur tentang penanggulangan resiko dan dampak bencana alam dalam
bentuk presentasi ·
Berlatih tindakan
penyelamatan diri pada saat terjadi bencana alam |
|
|
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. ·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
3.10 Menjelaskan lapisan bumi, gunung api, gempa
bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana
sesuai ancaman bencana di daerahnya 4.10 Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan
dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi
bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya |
3.10.1 Menjelaskan karakteristik lapisan penyusun
bumi. 3.10.2 Menjelaskan karakteristik atmosfer. 3.10.3 Menjelaskan karakteristik litosfer. 3.10.4 Menjelaskan karakteristik gempa bumi serta
pengurangan risiko bencanannya. 3.10.5 Menjelaskan karakteristik gunung api serta
pengurangan risiko bencanannya. 3.10.6 Menjelaskan karakteristik hidrosfer serta
pengurangan risiko bencanannya. 4.10.1 Berlatih tindakan penyelamatan diri pada saat
terjadi bencana alam |
Lapisan Bumi dan Bencana |
·
Mengamati model
sistem tata surya ·
Mendiskusikan
orbit planet ·
Mengidentifikasi
karakteristik anggota tata surya serta dampak rotasi dan revolusi bumi bagi
kehidupan ·
Mensimulasikan
terjadinya siang dan malam, fase-fase bulan dan proses terjadinya gerhana ·
Mengumpulkan
informasi mengenai gerhana bulan dan matahari serta pengaruhnya terhadap
pasang surut air laut ·
Membuat laporan
tertulis tentang dampak rotasi dan revolusi bumi serta bulan bagi kehidupan
dan mendiskusikannya dengan teman |
|
|
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. ·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan
revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di
bumi 4.11 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan
revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan
atau penelusuran berbagai sumber informasi |
3.11.1 Membuat model orbit planet. 3.11.2 Mendeskripsikan karakteristik komponen
Tata Surya. 3.11.3 Mencari informasi tentang planet-planet
penyusun tata surya. 3.11.4 Mendeskripsikan gerak planet pada orbit tata surya. 3.11.5 Membuat model perbandingan jarak komponen
tata surya. 3.11.6 Mengamati berbagai fase Bulan. 3.11.7 Mendeskripsikan gerak rotasi dan revolusi
Bumi. 3.11.8 Mendeskripsikan gerak rotasi dan revolusi
Bumi. 3.11.9 Mendeskripsikan rotasi, revolusi Bumi
serta peristiwa yang diakibatkannya. 3.11.10 Mencari informasi tentang perubahan musim
yang terjadi di Bumi bagian utara (BBU) dan Bumi bagian selatan (BBS). 4.11.1 Menjelaskan fakta yang mendukung
ketidakmungkinan berlangsungnya kehidupan di planet Merkurius, Venus, Mars,
Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. 4.11.2 Menjelaskan isi dari hukum Kepler 1, 2,
dan 3. 4.11.3 Menjelaskan dampak radiasi sinar
ultraviolet bagi kehidupan di Bumi. 4.11.4 Menggambarkan sketsa terjadinya gerhana
Matahari dan gerhana Bulan. 4.11.5 Menjelaskan alasan tumbuhan tidak dapat
tumbuh subur di daerah kutub. 4.11.6 Membuat laporan tertulis tentang dampak
rotasi dan revolusi bumi serta bulan bagi kehidupan dan mendiskusikannya
dengan teman |
Tata Surya |
|
|
Payung
Rejo,…. Juli 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah ... Guru Mata Pelajaran
NANANG ARIFIN, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar