Selasa, 20 Maret 2018

PENGGUNAAN TEKNIK SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN


PENGGUNAAN TEKNIK SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN
KATA PENGANTAR

         Puji syukur penulis sampaikan kehadirat Tuhan yang maha esa yang telah melimpahkan rahmat- Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Membaca. Makalah ini disusun untuk mendeskripsikan tentang Penggunaan Teknik SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan bagian dan bagianya.
         Penulis mengucapkan  terima kasih kepada pihak pihak yang telah membantu penulisan makalah ini khususnya Bpk. Dr.Hi. Dalman, M.Pd.yang telah membimbing penulis dengan sabar demi terselesaikanya maklah ini. Penulis mengharapkan makalah yang sederhana ini dapat menjadi tambahan bagi pembaca yang ingin mempelajari lebih jauh tentang penggunaan teknik SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman. Penulis sadar makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak penulis harapkan demi perbaikan makalah ini.



Pringsewu,   Desember 2013
Penulis





DAFTAR ISI

Halaman
l. PENDAHULUAN
ll. PEMBAHASAN
6.1  Pengertian Teknik SQ3R
6.2  Langkah Langkah Penerapan Teknik SQ3R
6.2.1. Langkah 1: S-  Survey ( tinjau)
6.2.2. Langkah 2: Q- Question ( Soal atau Tanya)
6.2.3. Langkah 3: R- Read
6.2.4. Langkah 4 : R- Recite atau Recall
6.2.5.Langkah  5: R- Review










PENGGUNAAN TEKNIK SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN
Oleh: Kelompok XVI

ll. PENDAHULUAN

Sebagai seorang mahasiswa kita tidak pernah terlepas dari yang namanya membaca, baik membaca buku pelajaran, Koran, majalah, artikel, dan buku buku lainya. Dalam membaca seseorang dituntut untuk mampu memahami apa yang menjadi bahan bacaanya, menemukan ide pokok, informasi focus dan mampu menyimpulkan apa yang ia baca. Tidak semua orang mempunyai kemampuan yang baik dalam menerjemahkan dan mengartikan sumber  bacaan. Terlebih lagi apabila seorang pembaca tidak mempunyai konsentrasi serta teknik membaca yang baik.
Ada beberapa factor seorang pembaca tidak mampu menelaah, yang menyebabkan seseorang tidak berhasil dalam memahami suatu buku bacaan, terkadang kita sering merasakan betapa susahnya memahami buku pelajaran yang kita pelajari dan kita baca. banyak yang sering terjadi sesudah kita membaca panjang dan lebar ternyata kita belum mampu menyimpulkan  dan mendiskripsikan bacaan yang kita baca.
Dalam membaca ternyata ada suatu teknik SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman yang dimana teknik ini akan membantu kita lebih mudah dalam memahami, menelaah, serta menginterpretasikan suatu bacaan. Terlebih lagi diharapkan dengan mempelajari teknik SQ3R  ini kita mampu menyimpulkan bacaan dan menceritakan bacaan kembali kepada orang lain.
Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan diatas maka permasalahan yang akan dibahas pada makalah ini adalah:
            1 Pengertian Teknik SQ3R
            2 Langkah Langkah Penerapan Teknik SQ3R
Sesuai dengan permasalahan diatas, maka tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memaparkan dan mendiskripsikan definisi karangan deskripsi dan langkah langkah membuat teknik SQ3R dalam membaca pemahaman serta langkah langkah penerapan teknik SQ3R ini.dengan harapan kita lebih mudah dalam memahami isi suatu bacaan dengan  mudah.




















ll. PEMBAHASAN
6.1 Pengertian Teknik SQ3R
Teknik SQ3R adalah salah satu teknik membaca untuk memahami isi bacaan yang menggunakan langkah langkah secara sistematis dalam pelaksanaannya. Membaca dengan cara SQ3R merupakn suatu teknik proses membaca yang terdiri atas lima langkah, yaitu survey,question, read, recite (recall), review ( Soedarso, 2005 Dalam Dalman, hal 189, 2013).
Teknik SQ3R merupakan suatu teknik yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh seorang siswa dan mahasiswa dalam membaca dan memahami buku pelajaran, serta mengerjakan tugas yang berhubungan dengan mambaca. Oleh karena itu apabila setiap ada tugas dari guru atau dosen untuk membaca sebuah buku yang di rekomendasikan, sebaiknya bacalah buku tersebut dengan menggunakan teknik SQ3R ini.
Dalam teknik SQ3R ini lebih cocok digunakan oleh siswa atau mahasiswa dalam membaca buku diluar kelas seperti mengerjakan pekerjaan rumah (PR) karena  teknik ini lebih efektif dalam membaca secara pemahaman, seperti yang kita tahu bahwa apabila seseorang mampu memahami suatu bacaan maka pemahaman itu akan bertahan lama didalam memori ingatanya.
Berdasarkan pemaparan diatas dapat saya simpulkan bahwa teknik SQ3R adalah suatu teknik membaca pemahaman yang sitematis, tertata dan efektif untuk digunakan oleh siswa dan mahasiswa dalam membaca sebuah buku, mengerjakan pekerjaan rumah, dan membaca buku diluar kelas lainya.
Pada dasarnya, tujuan menggunakan teknik SQ3R adalah untuk mempermudah pembaca memahami isi bacaan yang dibacanya. Dalam hal ini, selain digunakan untuk membaca buku, teknik ini juga sangat baik digunakan untuk membaca bab dari sebuah buku, artikel, kliping, dan jurnal ilmiah. Oleh sebab itu teknik membaca SQ3R ini sangat baik digunakan oleh setiap pembaca yang ingin mendapatkan informasi tersebut dengan tepat dan baik.
Dalam menggunakan teknik ini tentu saja seorang pembaca perlu menentukan terlebih dahulu apa tujuan dia membaca. Selain hal itu,  seorang pembaca juga peril menentukan informasi focus yang dibutuhkannya, setelah itu langkah selanjutnya barulah  seorang pembaca menggunakan teknik SQ3R ini untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.dalam menggunakan teknik ini pembaca wajib mengikuti setiap langkah langkah yang ditetapkan, yaitu:
·         Sebelum membaca, pembaca harus melakukan survey terlebih dahulu terhadap buku, bab, artikel, kliping, dan jurnal ilmiah yang akan dibacanya.
·         Setelah pembaca menemukan apa yang akan dibacanya, ia harus membuat pertanyaan terhadap informasi dari hasil temuanya pada saat sebelum membaca atau prabaca, atau saat survey.
·         Selanjutnya, barulah pembaca membaca informasi yang dibutuhkannya tersebut.
·         Kemudian, dia pun harus mampu mengungkapkan kembali apa yang dibacanya dengan menggunakan bahasanya sendiri.
Untuk membuktikan apakah yang telah disampaikannya baik lisan maupun tulisan telah sesuai dengan isi bacaan yang dibacanya, maka dalam menggunakan teknik ini pembaca harus mengulang kembali apa yang dibacanya sehingga ia dapat mengetahui apakah yang disampaikanya telah sesuai dengan isi bacaan yang dibacanya. Apabila belum sesuai atau ada hal hal yang penting yang belum disampaikan, ia dapat memperbaikinya sehingga hasil pemahamanya akan semakin baik.
Berdasarkan pemaparan diatas dapat saya simpulkan bahwa seorang pembaca apabila dalam menggunakan teknik SQ3R dia harus patuh terhadap langkah langkah yang sudah ditentukan. Mulai dari kegiatan prabaca, menentukan informasi focus, membaca informasi yang dibutuhkan dan mengungkapkan hasil dari apa yang dibacanya. Semua itu berguna untuk terciptanya pembaca yang mampu menguasai bacaan dan mampu mepunyai pemahaman yang baik  terhadap suatu bacaan yang dia bacanya.
6.2 Langkah Langkah Penerapan Teknik SQ3R
Pada dasarnya langkah langkah yang harus ditempuh dalam penerapan teknik SQ3R menurut ( Soedarso,2005 Dalam Dalman, Hal 191,2013) adalah sebagai berikut.
6.2.1. Langkah 1: S- Survey ( Tinjau)
Survey ialah langkah dalam membaca untuk mendapat gambaran keseluruhan yang terkandung didalam  bahan yang dibaca. Menurut (Soedarso2005,Dalam Dalman, Hal 191,2013  ), survey atau prabaca adalah teknik untuk mengenal bahan sebelum membacanya secara lengkap, semua ini dilakukan untuk mengenal organisasi dan intihsar umum yang akan dibaca oleh pembaca dengan maksud,:
1.      Mempercepat menangkap arti
2.      Mendapatkan keabstrakan
3.      Mengetahui ide ide penting
4.      Melihat susunan ( organisasi) suatu bahan bacaan
5.      Mendapat minat perhatian dengan seksam terhadap bahan bacaan
6.      Memudahkan pembaca mengingat lebih banyak dan memahami bacaannya.
Dapat saya simpulkan bahwa dalam tahap survey ini kita sebagai pembaca harus mengikuti langkah langkah ini agar kita sebagai pembaca mampu mengenal organisasi dan ihtisar umum  bahan bacaan secara umum. Sehingga memudahkan kita untuk menelaah suatu bacaaan. Prabaca dilakukan hanya beberapa menit saja tetapi dengan cara yang sistematis kita cepat menemukan ide ide penting dan pengorganisasian bahan bacaan.
Macam macam survey pembaca yang dapat dilakukan, yaitu sebagai berikut:
1.      Survey buku: dalam prabaca buku, tindakan pertama yang perlu dilakukan adalah memerhatikan judul buku dan mengajukan pertanyaan tentang topic yang terkandung didalamnya. Lalu melihat nama penulis dan atributnya yang biasanya memberi petunjuk penulisan. Untuk melihat aktualisasinya lihat tahun terbitnya, kalau ada baca juga sampul buku bagian belakang yang memuat pesan penerbit mengenai hal penting dari buku. Tahap berikutnya adalah:
a.       Telusuri daftar isi
b.      Baca pengantar
c.       Lihat table, grafik, dan lain lain
d.      Apendiks ( suplemen)
e.       Indeks ( kata kata kunci)
2.   survey bab: sebelum anda membaca suatu bab amatilah dengan teliti lagi sub judul sub judul dan kaitanya. Amati juga alat alat bantu visual  yang ada dibab itu seperti grafik, peta, dan lain lain. Hal hal yg perlu di perhatikan,(1) paragraf pertama dan akhir, (2) ringkasan, (3) subjudul.

3   survey artikel :sebelum anda membaca secara lengkap sebuah artikel surveilah terlebih dahulu. Artkel yang dibaca: (1) ada yang terus saja ditelan, (2) ada yang perlu diuji kembali, (3) ada yang perlu diringkas (4) ada yang perlu ditimbang timbang (5) bada yang langsung dibuang saja. Berikut tahapan untuk prabaca sebelum survei artikel:
1)      baca judul
2)      baca semua sub judul
3)      amati juga table dan lain-lain
4)      baca pengantar
5)      baca kalimat pertama sub bab
6)      dibuang ( jika bacaan tersebut tidak memiliki informasi focus yang anda butuhkan ) .
4        survei kliping berikut tahapan yang harus dilakukan pra baca agar pembaca benar-benar terpenuhi kebutuhan pembacanya secara cepat:
1)      perhatikan judul  karena judul seringkali mencerminkan topik atau focus pembahasan
2)      perhatikan penulisannya, jika anda mengetahui identitasnya anda dapat memperkirakan besar isinya dan membuat keputusan untuk membacanya tidak.
3)      Lakukan tahap seperti pada tahap prabaca artikel
4)      Dalam prabaca kita dapat memutuskan dengan cepat apakah lembaran bahan bacaan itu cocok dengan yang ada butuhkan, atau terlalu umum dengan kebutuhan anda atau terlalu detail untuk tujuan anda atau itu hanya membuat informasi yang telah anda peroleh ditempat lain anda ketahui    

6.2.2. Langkah 2: Q- Question (soal atau tanya)
Question ialah langkah yang perlu memerlukan pembaca mengutamakan suatu ciri soal telah mendapati teks tersebut berkaitan dengan keperluan tugasnya.
Pada waktu membaca buku secara keseluruhan, pertanyaan anda mungkin terlalu umum, tetapi pada saat survei pada bab ke bab pertanyaan-pertanyaan dapat lebih spesifik.

6.2.3.Langkah 3: R-Read

Setelah melewati tahap survei dan timbul beberapa pertanyaan yang akan anda harapkan akan mendapatkan jawaban dibacaan yang hadapi, langkah berikutnya adalah read (membaca).
Pada tahap membaca ini ada dia hal yang perlu diperhatikan, yaitu: (1) jangan membuata catatan-catatan. Ini akan memperlambat anda dalam membaca. Selain itu juga, berbahaya, catatan anda itu bisa jadi hanya merupakan kutipan kata-kata penulisannya sja; dan (2) jangan membuata tanda-tanda seperti garis bawah  pada kata maupun frase tertentu, bisa jadi setelah anda selesai membaca acapkali ternyata anda salah memilihnya.
Oleh sebab itu, pada tahap ini, Anda harus mampu berkosentrasi atau fokus dalam membaca teks.
6.2.4. Langkah 4:R- Recite atau recall
Sebelum menginjak langkah selanjutnya, pastikan empat langkah ini Anda jalani dengan benar. Sekalipun mudah dimengerti, tahap mengutarakn kembali hal-hal penting itu jangan dilewatkan agar tidak mudah kita lupakan.
Pada dasarnya, tahap ini adalah kelanjutan dari tahap ke-3 (Read). Oleh sebab itu, tahap ini merupakan tahapan untuk menjawab pertanyaan yang telah diajukan pada tahap ke -2 dari teknik SQ3R yang tentu saja telah and abaca jawaban atas pertanyaan tersebut pada tahap ke-3 (Read).
Jadi, pada tahap ke-4 ini Anda diminta untuk menyampaikan kembali hasil pemahaman membaca Anda dengan menggunakan bahasa sendiri.
6.2.5. Langkah 5: R- Review  
Daya ingat kita terbatas. Sekalipun pada waktu membaca 85% kita menguasai isi bacaan, kemampuan kita dalam waktu 8 jam untuk mengingat detail yang penting tinggal 40%. Dalam tempo dua minggu pemahaman kita tinggal 20%. Oleh karena itu, jangat lewatkan langkah, terakhir ini, yaitu review.  Maksud dari review ini adalah mengulangi kembali setelah membaca teks tersebut. Langkah ke-5 dari teknik SQ3R ini sangat penting dilaksanakan oleh pembaca yang akan menggunakan teknik tersebut.
Tahap ini selain membantu daya ingat dan memperjelas pemahaman juga untuk mendapatkan hal-hal penting yang barangkali kita lewati sebelum membaca ulang hal ini. Oleh sebab itu,  setelah pembaca menyelesaikan tahap ke-5 (Review) ini, si pembaca perlu menulis kembali hal-hal penting yang belum sempat dipaparkan pada saat ia menyampaikan kembali hasil sempat  membacanya pada tahap ke-4 (recite/recall) dari teknik SQ3R.        
    
                                                                                                             

















PENUTUP
Teknik SQ3R meruapakan suatu teknik yang tersusun rapi



















DAFTAR PUSTAKA
Dalman. 2013.Keterampilan Membaca.Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
              .2013.Menulis Karya Ilmiah. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Harjasujana, A.S. 1988. Meteri Pokok Membaca.Jakarta: Universitas Terbuka
Tarigan, H.G. 1994. Membaca Ekpresif. Bandung: Angkasa
                     .2008. Membaca. Bandung: Angkasa
http: //www membaca literal.kreatif-27.html.



Tidak ada komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda