PENGGUNAAN TEKNIK SQ3R
TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis sampaikan
kehadirat Tuhan yang maha esa yang telah melimpahkan rahmat- Nya kepada
penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini untuk
memenuhi tugas mata kuliah Membaca. Makalah ini disusun untuk mendeskripsikan
tentang Penggunaan Teknik SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan bagian
dan bagianya.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak pihak yang telah
membantu penulisan makalah ini khususnya Bpk. Dr.Hi. Dalman, M.Pd.yang telah
membimbing penulis dengan sabar demi terselesaikanya maklah ini. Penulis
mengharapkan makalah yang sederhana ini dapat menjadi tambahan bagi pembaca
yang ingin mempelajari lebih jauh tentang penggunaan teknik SQ3R terhadap
kemampuan membaca pemahaman. Penulis sadar makalah ini masih jauh dari
sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak penulis harapkan
demi perbaikan makalah ini.
Pringsewu, Desember 2013
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman
l.
PENDAHULUAN
ll.
PEMBAHASAN
6.1
Pengertian Teknik SQ3R
6.2
Langkah Langkah Penerapan Teknik SQ3R
6.2.1. Langkah 1: S- Survey ( tinjau)
6.2.2. Langkah 2: Q- Question (
Soal atau Tanya)
6.2.3. Langkah 3: R- Read
6.2.4.
Langkah 4 : R- Recite atau Recall
6.2.5.Langkah 5: R- Review
PENGGUNAAN TEKNIK SQ3R
TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN
Oleh: Kelompok XVI
ll. PENDAHULUAN
Sebagai
seorang mahasiswa kita tidak pernah terlepas dari yang namanya membaca, baik
membaca buku pelajaran, Koran, majalah, artikel, dan buku buku lainya. Dalam
membaca seseorang dituntut untuk mampu memahami apa yang menjadi bahan
bacaanya, menemukan ide pokok, informasi focus dan mampu menyimpulkan apa yang
ia baca. Tidak semua orang mempunyai kemampuan yang baik dalam menerjemahkan
dan mengartikan sumber bacaan. Terlebih
lagi apabila seorang pembaca tidak mempunyai konsentrasi serta teknik membaca
yang baik.
Ada
beberapa factor seorang pembaca tidak mampu menelaah, yang menyebabkan
seseorang tidak berhasil dalam memahami suatu buku bacaan, terkadang kita
sering merasakan betapa susahnya memahami buku pelajaran yang kita pelajari dan
kita baca. banyak yang sering terjadi sesudah kita membaca panjang dan lebar
ternyata kita belum mampu menyimpulkan
dan mendiskripsikan bacaan yang kita baca.
Dalam
membaca ternyata ada suatu teknik SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman
yang dimana teknik ini akan membantu kita lebih mudah dalam memahami, menelaah,
serta menginterpretasikan suatu bacaan. Terlebih lagi diharapkan dengan
mempelajari teknik SQ3R ini kita mampu
menyimpulkan bacaan dan menceritakan bacaan kembali kepada orang lain.
Berdasarkan
latar belakang yang dikemukakan diatas maka permasalahan yang akan dibahas pada
makalah ini adalah:
1 Pengertian Teknik SQ3R
2 Langkah Langkah Penerapan Teknik
SQ3R
Sesuai
dengan permasalahan diatas, maka tujuan penulisan makalah ini adalah untuk
memaparkan dan mendiskripsikan definisi karangan deskripsi dan langkah langkah
membuat teknik SQ3R dalam membaca pemahaman serta langkah langkah penerapan
teknik SQ3R ini.dengan harapan kita lebih mudah dalam memahami isi suatu bacaan
dengan mudah.
ll. PEMBAHASAN
6.1 Pengertian Teknik
SQ3R
Teknik
SQ3R adalah salah satu teknik membaca untuk memahami isi bacaan yang
menggunakan langkah langkah secara sistematis dalam pelaksanaannya. Membaca
dengan cara SQ3R merupakn suatu teknik proses membaca yang terdiri atas lima
langkah, yaitu survey,question, read, recite (recall), review ( Soedarso, 2005
Dalam Dalman, hal 189, 2013).
Teknik
SQ3R merupakan suatu teknik yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh seorang
siswa dan mahasiswa dalam membaca dan memahami buku pelajaran, serta
mengerjakan tugas yang berhubungan dengan mambaca. Oleh karena itu apabila
setiap ada tugas dari guru atau dosen untuk membaca sebuah buku yang di
rekomendasikan, sebaiknya bacalah buku tersebut dengan menggunakan teknik SQ3R
ini.
Dalam
teknik SQ3R ini lebih cocok digunakan oleh siswa atau mahasiswa dalam membaca
buku diluar kelas seperti mengerjakan pekerjaan rumah (PR) karena teknik ini lebih efektif dalam membaca secara
pemahaman, seperti yang kita tahu bahwa apabila seseorang mampu memahami suatu
bacaan maka pemahaman itu akan bertahan lama didalam memori ingatanya.
Berdasarkan
pemaparan diatas dapat saya simpulkan bahwa teknik SQ3R adalah suatu teknik
membaca pemahaman yang sitematis, tertata dan efektif untuk digunakan oleh
siswa dan mahasiswa dalam membaca sebuah buku, mengerjakan pekerjaan rumah, dan
membaca buku diluar kelas lainya.
Pada
dasarnya, tujuan menggunakan teknik SQ3R adalah untuk mempermudah pembaca
memahami isi bacaan yang dibacanya. Dalam hal ini, selain digunakan untuk
membaca buku, teknik ini juga sangat baik digunakan untuk membaca bab dari
sebuah buku, artikel, kliping, dan jurnal ilmiah. Oleh sebab itu teknik membaca
SQ3R ini sangat baik digunakan oleh setiap pembaca yang ingin mendapatkan
informasi tersebut dengan tepat dan baik.
Dalam
menggunakan teknik ini tentu saja seorang pembaca perlu menentukan terlebih
dahulu apa tujuan dia membaca. Selain hal itu,
seorang pembaca juga peril menentukan informasi focus yang
dibutuhkannya, setelah itu langkah selanjutnya barulah seorang pembaca menggunakan teknik SQ3R ini
untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.dalam menggunakan teknik ini pembaca
wajib mengikuti setiap langkah langkah yang ditetapkan, yaitu:
·
Sebelum membaca,
pembaca harus melakukan survey terlebih dahulu terhadap buku, bab, artikel,
kliping, dan jurnal ilmiah yang akan dibacanya.
·
Setelah pembaca
menemukan apa yang akan dibacanya, ia harus membuat pertanyaan terhadap
informasi dari hasil temuanya pada saat sebelum membaca atau prabaca, atau saat
survey.
·
Selanjutnya, barulah
pembaca membaca informasi yang dibutuhkannya tersebut.
·
Kemudian, dia pun harus
mampu mengungkapkan kembali apa yang dibacanya dengan menggunakan bahasanya
sendiri.
Untuk
membuktikan apakah yang telah disampaikannya baik lisan maupun tulisan telah
sesuai dengan isi bacaan yang dibacanya, maka dalam menggunakan teknik ini
pembaca harus mengulang kembali apa yang dibacanya sehingga ia dapat mengetahui
apakah yang disampaikanya telah sesuai dengan isi bacaan yang dibacanya.
Apabila belum sesuai atau ada hal hal yang penting yang belum disampaikan, ia
dapat memperbaikinya sehingga hasil pemahamanya akan semakin baik.
Berdasarkan
pemaparan diatas dapat saya simpulkan bahwa seorang pembaca apabila dalam
menggunakan teknik SQ3R dia harus patuh terhadap langkah langkah yang sudah
ditentukan. Mulai dari kegiatan prabaca, menentukan informasi focus, membaca
informasi yang dibutuhkan dan mengungkapkan hasil dari apa yang dibacanya.
Semua itu berguna untuk terciptanya pembaca yang mampu menguasai bacaan dan
mampu mepunyai pemahaman yang baik
terhadap suatu bacaan yang dia bacanya.
6.2 Langkah Langkah
Penerapan Teknik SQ3R
Pada
dasarnya langkah langkah yang harus ditempuh dalam penerapan teknik SQ3R
menurut ( Soedarso,2005 Dalam Dalman, Hal 191,2013) adalah sebagai berikut.
6.2.1. Langkah 1: S-
Survey ( Tinjau)
Survey
ialah langkah dalam membaca untuk mendapat gambaran keseluruhan yang terkandung
didalam bahan yang dibaca. Menurut (Soedarso2005,Dalam
Dalman, Hal 191,2013 ), survey atau
prabaca adalah teknik untuk mengenal bahan sebelum membacanya secara lengkap,
semua ini dilakukan untuk mengenal organisasi dan intihsar umum yang akan
dibaca oleh pembaca dengan maksud,:
1. Mempercepat
menangkap arti
2. Mendapatkan
keabstrakan
3. Mengetahui
ide ide penting
4. Melihat
susunan ( organisasi) suatu bahan bacaan
5. Mendapat
minat perhatian dengan seksam terhadap bahan bacaan
6. Memudahkan
pembaca mengingat lebih banyak dan memahami bacaannya.
Dapat
saya simpulkan bahwa dalam tahap survey ini kita sebagai pembaca harus
mengikuti langkah langkah ini agar kita sebagai pembaca mampu mengenal
organisasi dan ihtisar umum bahan bacaan
secara umum. Sehingga memudahkan kita untuk menelaah suatu bacaaan. Prabaca
dilakukan hanya beberapa menit saja tetapi dengan cara yang sistematis kita
cepat menemukan ide ide penting dan pengorganisasian bahan bacaan.
Macam
macam survey pembaca yang dapat dilakukan, yaitu sebagai berikut:
1. Survey
buku: dalam prabaca buku, tindakan pertama yang perlu dilakukan adalah memerhatikan
judul buku dan mengajukan pertanyaan tentang topic yang terkandung didalamnya.
Lalu melihat nama penulis dan atributnya yang biasanya memberi petunjuk
penulisan. Untuk melihat aktualisasinya lihat tahun terbitnya, kalau ada baca
juga sampul buku bagian belakang yang memuat pesan penerbit mengenai hal
penting dari buku. Tahap berikutnya adalah:
a. Telusuri
daftar isi
b. Baca
pengantar
c. Lihat
table, grafik, dan lain lain
d. Apendiks
( suplemen)
e. Indeks
( kata kata kunci)
2. survey
bab: sebelum anda membaca suatu bab amatilah dengan teliti lagi sub judul sub
judul dan kaitanya. Amati juga alat alat bantu visual yang ada dibab itu seperti grafik, peta, dan
lain lain. Hal hal yg perlu di perhatikan,(1) paragraf pertama dan akhir, (2)
ringkasan, (3) subjudul.
3 survey
artikel :sebelum anda membaca secara lengkap sebuah artikel surveilah terlebih
dahulu. Artkel yang dibaca: (1) ada yang terus saja ditelan, (2) ada yang perlu
diuji kembali, (3) ada yang perlu diringkas (4) ada yang perlu ditimbang
timbang (5) bada yang langsung dibuang saja. Berikut tahapan untuk prabaca
sebelum survei artikel:
1) baca
judul
2) baca
semua sub judul
3) amati
juga table dan lain-lain
4) baca
pengantar
5) baca
kalimat pertama sub bab
6) dibuang
( jika bacaan tersebut tidak memiliki informasi focus yang anda butuhkan ) .
4
survei kliping berikut
tahapan yang harus dilakukan pra baca agar pembaca benar-benar terpenuhi
kebutuhan pembacanya secara cepat:
1) perhatikan
judul karena judul seringkali mencerminkan
topik atau focus pembahasan
2) perhatikan
penulisannya, jika anda mengetahui identitasnya anda dapat memperkirakan besar
isinya dan membuat keputusan untuk membacanya tidak.
3) Lakukan
tahap seperti pada tahap prabaca artikel
4) Dalam
prabaca kita dapat memutuskan dengan cepat apakah lembaran bahan bacaan itu
cocok dengan yang ada butuhkan, atau terlalu umum dengan kebutuhan anda atau
terlalu detail untuk tujuan anda atau itu hanya membuat informasi yang telah
anda peroleh ditempat lain anda ketahui
6.2.2. Langkah 2: Q-
Question (soal atau tanya)
Question
ialah langkah yang perlu memerlukan pembaca mengutamakan suatu ciri soal telah
mendapati teks tersebut berkaitan dengan keperluan tugasnya.
Pada
waktu membaca buku secara keseluruhan, pertanyaan anda mungkin terlalu umum,
tetapi pada saat survei pada bab ke bab pertanyaan-pertanyaan dapat lebih
spesifik.
6.2.3.Langkah 3: R-Read
Setelah
melewati tahap survei dan timbul beberapa pertanyaan yang akan anda harapkan
akan mendapatkan jawaban dibacaan yang hadapi, langkah berikutnya adalah read
(membaca).
Pada
tahap membaca ini ada dia hal yang perlu diperhatikan, yaitu: (1) jangan
membuata catatan-catatan. Ini akan memperlambat anda dalam membaca. Selain itu
juga, berbahaya, catatan anda itu bisa jadi hanya merupakan kutipan kata-kata
penulisannya sja; dan (2) jangan membuata tanda-tanda seperti garis bawah pada kata maupun frase tertentu, bisa jadi
setelah anda selesai membaca acapkali ternyata anda salah memilihnya.
Oleh
sebab itu, pada tahap ini, Anda harus mampu berkosentrasi atau fokus dalam
membaca teks.
6.2.4. Langkah 4:R- Recite atau recall
Sebelum
menginjak langkah selanjutnya, pastikan empat langkah ini Anda jalani dengan
benar. Sekalipun mudah dimengerti, tahap mengutarakn kembali hal-hal penting
itu jangan dilewatkan agar tidak mudah kita lupakan.
Pada
dasarnya, tahap ini adalah kelanjutan dari tahap ke-3 (Read). Oleh sebab itu,
tahap ini merupakan tahapan untuk menjawab pertanyaan yang telah diajukan pada
tahap ke -2 dari teknik SQ3R yang tentu saja telah and abaca jawaban atas
pertanyaan tersebut pada tahap ke-3 (Read).
Jadi,
pada tahap ke-4 ini Anda diminta untuk menyampaikan kembali hasil pemahaman
membaca Anda dengan menggunakan bahasa sendiri.
6.2.5. Langkah 5: R- Review
Daya
ingat kita terbatas. Sekalipun pada waktu membaca 85% kita menguasai isi
bacaan, kemampuan kita dalam waktu 8 jam untuk mengingat detail yang penting
tinggal 40%. Dalam tempo dua minggu pemahaman kita tinggal 20%. Oleh karena
itu, jangat lewatkan langkah, terakhir ini, yaitu review. Maksud dari review ini adalah mengulangi
kembali setelah membaca teks tersebut. Langkah ke-5 dari teknik SQ3R ini sangat
penting dilaksanakan oleh pembaca yang akan menggunakan teknik tersebut.
Tahap
ini selain membantu daya ingat dan memperjelas pemahaman juga untuk mendapatkan
hal-hal penting yang barangkali kita lewati sebelum membaca ulang hal ini. Oleh
sebab itu, setelah pembaca menyelesaikan
tahap ke-5 (Review) ini, si pembaca perlu menulis kembali hal-hal penting yang
belum sempat dipaparkan pada saat ia menyampaikan kembali hasil sempat membacanya pada tahap ke-4 (recite/recall)
dari teknik SQ3R.
PENUTUP
Teknik
SQ3R meruapakan suatu teknik yang tersusun rapi
DAFTAR
PUSTAKA
Dalman.
2013.Keterampilan Membaca.Jakarta :
PT RajaGrafindo Persada.
.2013.Menulis Karya Ilmiah. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Harjasujana,
A.S. 1988. Meteri Pokok Membaca.Jakarta:
Universitas Terbuka
Tarigan,
H.G. 1994. Membaca Ekpresif. Bandung:
Angkasa
.2008. Membaca. Bandung: Angkasa
http:
//www membaca literal.kreatif-27.html.
http://unohamdani.blogspot.com./2010/06/
.membaca kreatif.html.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar