KEMAMPUAN
MENULIS PUISI BERDASARKAN
DIKSI SISWA
KELAS X SEMESTER GENAP
SMAN 1 SUKOHARJO
TP 2017-2018
Nanang
Arifin
ABSTRAK
Kegiatan
belajar mengajar merupakan salah satu proses pembelajaran dalam mencapai tujuan
pembelajaran. Agar tujuan tersebut tercapai, guru hendaknya menerapkan variasi
pendekatan. Kurangnya variasi pendekatan mengakibatkan pembelajaran
membosankan, pembelajaran monoton, dan kurang termotivasi. Seperti dalam
pembelajaran menulis puisi yang biasa. Akhirnya, siswa kurang mengembangkan
imajinasinya merangkai kata-kata indah dalam sebuah puisi. Adapun tujuan dari
penelitian tersebut, yaitu untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis
puisi berdasarkan diksi dengan mengamati objek pada siswa kelas X di SMAN Sukoharjo.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research).
Responden penelitian adalah siswa kelas X SMAN Sukoharjo sebanyak 27 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis.Tes tersebut ditujukan untuk
mengetahui peningkatan siswa dalam menulis puisi. Hasil penelitian menemukan
bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMAN 1
Sukoharjo. Tes awal menunjukkan bahwa siswa berada pada interpretasi kurang
berhasil dalam menulis puisi dengan ditunjukkan
ada angka 70%. Setelah dilakukan perlakuan pada siklus pertama, berbanding
terbalik dengan tingkat siswa yang berhasil yaitu 19% dari keseluruhan. Dengan
siswa yang mendapat nilai sedang yaitu 11%. Berdasarkan dari hasil penurunan
nilai ini peneliti akhirnya mencoba untuk mengali permasalahan yang ada pada siswa
tersebut, hal ini, yang mengakibatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi
menurun. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran menulis
puisi tidak harus terpaku didalam kelas saja namun bisa dilakukan dengan sistem
pembelajaran diluar kelas dengan cara mengamati lingkunggan. Dengan begitu
siswa akan merasa tertarik dalam menulis puisi, dan daya imajinasi siswa akan
tergali lebih jauh lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar