Jumat, 31 Juli 2020

ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN IPA KELAS 7

ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

 

Nama Sekolah                 : SMP 

Mata Pelajaran                : IPA

Kelas                               : VII

Semester                          : Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran               : 2019/2020

 

SKL

Kompetensi Inti (KI)

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator (IPK)

Materi Pemebelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Rencana Penilaian

 

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

3.1  Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku)

4.1  Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku

3.1.1   Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA

3.1.2   Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA

3.1.3   Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA

3.1.4   Menjelaskan pengertian pengukuran

3.1.5   Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran).

3.1.6   Membandingkan satuan baku dan tidak baku

3.1.7   Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran

3.1.8   Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional)

3.1.9   Menjelaskan pengertian besaran pokok

3.1.10 Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya

3.1.11 Menjelaskan pengertian besaran turunan

3.1.12 Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya

4.1.1   Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil

4.1.2   Melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku

4.1.3   Melakukan pengukuran besaran- besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

4.1.4   Melakukan pengukuran besaran- besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan Pengamatannya

·       Mengamati diri sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di sekitar untuk melihat ciri-ciri yang dapat diamati seperti tinggi badan, warna rambut, warna kulit

·       Mengukur panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran

·       Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan tanaman, dan lain-lain.

·       Melakukan percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku untuk mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku

·       Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman

 

 

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

3.2  Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.

4.2  Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.

3.2.1   Menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.

3.2.2   Menjelaskan benda-benda di sekitar yang bersifat alamiah.

3.2.3   Menjelaskan benda-benda di sekitar yang bersifat buatan manusia.

3.2.4   Menjelaskan benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.

3.2.5   Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.

3.2.6   Melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.

3.2.7   Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.

3.2.8   Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup.

3.2.9   Melakukan pengamatan terhadap berbagai makhluk hidup di sekitarnya.

3.2.10 Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.

3.2.11 Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.

4.2.1   Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.

4.2.2   Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.

4.2.3   Peserta didik mampu melakukan pengelompokan dikotom dan membuat kunci determinasi

4.2.4   Peserta didik dapat mengamati dan memahami tentang kelompok makhluk hidup yang berukuran kecil, yang sebagian besar berada dalam Kingdom Monera dan Protista Uniseluler.

4.2.5   peserta didik dapat mengamati dan memahami tentang kingdom tumbuhan dan hewan.

Klasifikasi Makhluk Hidup

·       Mengamati manusia, tumbuhan, hewan, dan benda di lingkungan sekitar, gejala-gejala kehidupan yang menunjukkan ciri-ciri mahluk hidup serta pengelompok-kannya dengan indera dan dengan bantuan mikroskop

·       Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar

·       Mengumpulkan informasi mengenai klasifikasi mahluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan animalia

·       Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman

 

 

 

 

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

3.3  Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari

4.3  Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran

3.3.1   Menggolongkan karakteristik materi.

3.3.2   Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.

3.3.3   Menjelaskan metode pemisahan campuran.

3.3.4   Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia.

3.3.5   Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia.

4.3.1   Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai materi dalam bentuk padat, cair, dan gas.

4.3.2   Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai materi dalam bentuk unsur, senyawa, dan campuran.

4.3.3   Peserta didik dapat menjelaskan pengamatan, inferensi danmengomunikasikannya tentang perubahan fisika dan perubahan kimia melalui beberapa rangkaian pengamatan dan percobaan

4.3.4   Peserta didik dapat melakukan tentang beberapa metode pemisahan campuran (filtrasi, sentrifugasi, kromatografi, destilasi, dan sublimasi)

Zat dan Karakteristiknya

·       Mengamatiberbagai benda dalam kehidupan sehari-hari yang mengalami perubahan, misalnya air menjadi es, es menjadi air, air menjadi uap, kertas dibakar menjadi abu, besi berkarat, makanan menjadi basi, dll

·       Melakukan penyelidikan karakteristik zat (padat, cair, dan gas) serta mengumpulkan informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran

·       Melakukan penyelidikan asam, basa, dan garam menggunakan indikator buatan dan alami

·       Melakukan percobaan teknik pemisahan campuran, misalnya melalui penyulingan, kromatografi, atau penyubliman

·       Menyajikan hasil penyelidikan sifat fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari  danmendiskusi- kannya dengan teman

 

 

 

 

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

3.4  Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan

4.4  Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor

3.4.1   Menjelaskan definisi suhu.

3.4.2   Menjelaskan berbagai jenis termometer.

3.4.3   Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.

3.4.4   Menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.

3.4.5   Menjelaskan definisi pemuaian.

4.4.1   Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil penyelidikannya tentang fungsi perasa sebagai pengukur suhu melalui percobaan

4.4.2   Peserta didik dapat membuat skala suhu, melakukan pengukuran suhu dengan termometer skalanya, serta membandingkannya secara pengukuran dengan termometer skala suhu yang telah kenali.

4.4.3   Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil penyelidikannya tentang energi panas benda.

4.4.4   Peserta didik dapat menyelidiki karakteristik suhu benda pada saat benda mengalami perubahan wujud.

Suhu dan Perubahannya

·       Mengamati peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud benda setelah menerima atau melepas kalor

·       Melakukan percobaan mengukur suhu benda menggunakan thermometer serta menyelidiki pemuaian pada benda padat, cair, dan gas

·       Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi

·       Mengumpulkan informasi mengenai berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari

·       Menyajikan hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman

 

 

 

 

 

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

3.4  Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan

4.4  Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor

3.4.1   Mengetahui pengertian suhu dan termometer serta jenis termometer.

3.4.2   Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan termometer skalanya, serta  membandingkannya secara pengukuran dengan termometer skala suhu yang telah dikenal.

3.4.3   Menjelaskan pengertian kalor.

3.4.4   Mendeskripsikan hubungan  kalor dengan suhu dan hubungan kalor dengan perubahan wujud.

3.4.5   Menentukan macam- macam perpindahan kalor.

4.4.1   Peserta didik dapat menyelidiki pengaruh jenis bahan terhadap kemampuan menghantarkan kalor pada peristiwa konduksi.

4.4.2   Peserta didik dapat menyajikan hasil perancangan pemanfaatan radiasi kalor.

Kalor dan Perpindahannya

·       Mengamati berbagai aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan penggunaan energi dan krisis energi

·       Meyelidiki sumber energi dan perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percobaan

·       Mengumpulkan informasi mengenai perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan  mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan

·       Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi dan percobaan fotosintesis dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman

 

 

 

 

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

3.5  Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis

4.5  Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi, termasuk fotosintesis

3.5.1   Menjelaskan 3 konsep energi dan sumber- sumber energi.

3.5.2   Menjelaskan perubahan energi yang terjadi di alam dan dalam tubuh.

3.5.3   Menjelaskan konsep fotosintesis.

4.5.1   Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil.

Energi dalam Sistem Kehidupan

·       Mengamati torso manusia atau organ tubuh bagian dalam dari ikan/katak/ burung/kadal

·       Mengindetifikasi perbedaan antara sel, jaringan, organ, dan sistem organ pada hewan dan tumbuhan melalui pengamatan mikroskopik dan makroskopik

·       Membuat model struktur sel hewan atau tumbuhan menggunakan bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar dan mendiskusikan hasilnya

 

 

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

3.6  Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel

4.6  Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan

3.6.1   Menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan.

3.6.2   Menjelaskan tentang sistem.

3.6.3   Melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop.

3.6.4   Melakukan pengamatan jaringan dengan menggunakan mikroskop.

3.6.5   Menjelaskan pengertian organ.

3.6.6   Membedakan antara jaringan, organ, dan sistem organ.

3.6.7   Menjelaskan konsep sistem organ dan organisme.

3.6.8   Menyebutkan 3 contoh sistem organ yang menyusun organisme.

3.6.9   Memiliki keterampilan berbicara di depan kelas melalui kegiatan presentasi hasil projek sel.

4.6.1   Peserta didik dapat melakukan kerja ilmiah di sekolah/laboratorium

4.6.2   Peserta didik dapat melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop.

4.6.3   Peserta didik dapat melakukan pengamatan jaringan dengan menggunakan mikroskop.

Sistem Organisasi Kehidupan

·       Mengamati ekosistem buatan berupa akuarium atau kolam ikan, difokuskan pada komponen biotik dan abiotik serta interaksi yang terjadi di dalamnya

·       Melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi komponen abiotik dan biotik yang ada pada lingkungan sekitar serta interaksi yang terjadi didalamnya dalam bentuk rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan simbiosis

·       Melakukan percobaan pertumbuhan populasi terhadap ketersediaan ruang dan lahan pertanian serta dampaknya bagi lingkungan

·       Membuat laporan hasil percobaan interaksi antara komponen biotik dan abiotik serta dampak dinamika populasi dan mendiskusi-kannya dengan teman.

 

 

 

 

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

3.7  Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut

4.7  Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.

3.7.1   Menjelaskan konsep lingkungan dan komponen- komponennya.

3.7.2   Melakukan pengamatan lingkungan dan mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik.

3.7.3   Menjelaskan pengertian interaksi.

3.7.4   Menjabarkan pola-pola interaksi.

3.7.5   Menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan makhluk hidup.

3.7.6   Menyebutkan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan, rantai makanan de tritus dengan rantai makanan perumput.

3.7.7   Memiliki keterampilan berbicara di depan kelas melalui kegiatan presentasi hasil eksplorasi.

4.7.1   Peserta didik dapat melakukan pengamatan lingkungan dan mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik.

4.7.2   Peserta didik mampu mempresentasikan hail pengamatan mengenai konsep saling kebergantungan antar makhluk hidup.

Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan

·       Mengamati berbagai pencemaran dilingkungan sekitar

·       Mengumpulkan informasi serta menganalisis penyebab dan dampak pencemaran udara, air, dan tanah bagi ekosistem, merumuskan masalah  serta mengajukan penyelesaian masalahnya

·       Membuat laporan tentang penyelesaian masalah pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar

 

 

 

 

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

3.8  Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem

4.8  Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan

3.8.1   Menjelaskan pengertian Pencemaran Lingkunagan.

3.8.2   Menjelaskan macam- macam Pencemaran Lingkungan.

3.8.3   Menjelaskan pengertian pencemaran air.

3.8.4   Menyelidiki pengaruh air jernih dari tercemar terhadap kondisi (pergerakan) ikan)

3.8.5   Membuat gagasan tertulis tentang bagaimana mengatasi dan mengurangi pencemaran air.

3.8.6   Menjelaskan pengertian pencemaran udara.

3.8.7   Menyebutkan faktor-faktor penyebab pencemaran udara.

3.8.8   Menjelaskan dampak pencemaran udara.

3.8.9   Menjelaskan pengertian pencemaran tanah.

3.8.10 Menjelaskan dampak pencemaran tanah.

3.8.11 Membuat gagasan tertulis tentang bagaimana mengurangi dampak pencemaran tanah.

4.8.1   Membuat laporan tentang penyelesaian masalah pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar

Pencemaran Lingkungan

·       Mengamati tayangan tentang dampak perubahan iklim

·       Mengumpulkan informasi mengenai proses dan dampak terjadinya perubahan iklim bagi ekosistem

·       Mengajukan gagasan tentang penanggulangan masalah perubahan iklim dalam bentuk laporan tertulis, dan mempresentasikan gagasannya untuk ditanggapi temannya

 

 

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

3.9  Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem

4.9  Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/penanggulangan masalah perubahan iklim

3.9.1   Menjelaskan pengertian efek rumah kaca.

3.9.2   Menjelaskan proses terjadinya pemanasan global.

3.9.3   Mendeskripsikan definisi pemanasan global.

3.9.4   Mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global.

3.9.5   Mendeskripsikan dampak dari pemanasan global bagi kehidupan di bumi.

3.9.6   Mendeskripsikan beberapa upaya menanggulangi pemanasan global.

4.9.1   Peserta didik mampu mengamati atau mengobservasi pemanasan global, dan juga mampu mempresentasikan hasil observasi yang telah dikerjakan

Perubahan Iklim

·       Mengamati tayangan atau model lapisan bumi

·       Mengumpulkan informasi mengenai lapisan bumi dan mekanisme terjadinya letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami

·       Menyajikan hasil studi literatur tentang penanggulangan resiko dan dampak bencana alam dalam bentuk presentasi

·       Berlatih tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana alam

 

 

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

3.10 Menjelaskan lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya

4.10 Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya

3.10.1 Menjelaskan karakteristik lapisan penyusun bumi.

3.10.2 Menjelaskan karakteristik atmosfer.

3.10.3 Menjelaskan karakteristik litosfer.

3.10.4 Menjelaskan karakteristik gempa bumi serta pengurangan risiko bencanannya.

3.10.5 Menjelaskan karakteristik gunung api serta pengurangan risiko bencanannya.

3.10.6 Menjelaskan karakteristik hidrosfer serta pengurangan risiko bencanannya.

4.10.1 Berlatih tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana alam

Lapisan Bumi dan Bencana

·       Mengamati model sistem tata surya

·       Mendiskusikan orbit planet

·       Mengidentifikasi karakteristik anggota tata surya serta dampak rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan

·       Mensimulasikan terjadinya siang dan malam, fase-fase bulan dan proses terjadinya gerhana

·       Mengumpulkan informasi mengenai gerhana bulan dan matahari serta pengaruhnya terhadap pasang surut air laut

·       Membuat laporan tertulis tentang dampak rotasi dan revolusi bumi serta bulan bagi kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman

 

 

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi

4.11 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi

3.11.1    Membuat model orbit planet.

3.11.2    Mendeskripsikan karakteristik komponen Tata Surya.

3.11.3    Mencari informasi tentang planet-planet penyusun tata surya.

3.11.4    Mendeskripsikan  gerak planet pada orbit tata surya.

3.11.5    Membuat model perbandingan jarak komponen tata surya.

3.11.6    Mengamati berbagai fase Bulan.

3.11.7    Mendeskripsikan gerak rotasi dan revolusi Bumi.

3.11.8    Mendeskripsikan gerak rotasi dan revolusi Bumi.

3.11.9    Mendeskripsikan rotasi, revolusi Bumi serta peristiwa yang diakibatkannya.

3.11.10  Mencari informasi tentang perubahan musim yang terjadi di Bumi bagian utara (BBU) dan Bumi bagian selatan (BBS).

4.11.1    Menjelaskan fakta yang mendukung ketidakmungkinan berlangsungnya kehidupan di planet Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

4.11.2    Menjelaskan isi dari hukum Kepler 1, 2, dan 3.

4.11.3    Menjelaskan dampak radiasi sinar ultraviolet bagi kehidupan di Bumi.

4.11.4    Menggambarkan sketsa terjadinya gerhana Matahari dan gerhana Bulan.

4.11.5    Menjelaskan alasan tumbuhan tidak dapat tumbuh subur di daerah kutub.

4.11.6    Membuat laporan tertulis tentang dampak rotasi dan revolusi bumi serta bulan bagi kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman

Tata Surya

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    Payung Rejo,…. Juli 2019

Mengetahui,

Kepala Sekolah ...                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                                                                    NANANG ARIFIN, S.Pd.                                                                                                                                                                                                                            

                                                                                                                                                                                                                                               


Postingan Lebih Baru Postingan Lama Beranda