Selasa, 03 Juli 2018

RPP Bahasa Indonnesia kelas VIII/Ganjil K13


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan      :
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/semester            : VIII/1
Materi Pokok              : Teks Cerita Fabel
Waktu                         :  3 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.      Memahami teks cerita fabel berdasarkan struktur teks dan unsur kebahasaan.
2.      Menyusun teks cerita fable dengan kata-kata sendiri dengan urut dan logis.
3.      Mengidentifikasi kekurangan teks cerita fabel.

B.     Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong, santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan atau alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

C.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
KI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
KI 1
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
1.3.1        Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung.
1.3.2        Senantiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam memahami, menyusun, menelaah, dan merevisi  teks cerita fabel.
1.3.3        Senantiasa mengucapkan rasa syukur setelah menyelesaikan kegiatan.
1.3.4        Senantiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan santun dalam berkomunikasi antarsesama.
KI 2
2.1 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peristiwa hidup diri sendiri dan orang lain.
Jujur
2.1.1 Tidak menyontek pekerjaan teman dalam memahami, menangkap makna bahasa, menelaah, merevisi,dan meringkas teks cerita fabel.
2.1.2 Tidak menyalin pekerjaan teman/orang lain sebagai karya sendiri.
2.1.3 Berkata jujur dan mau bertanya apabila tidak/belum memahami teks cerita fabel.
2.1.4 Mengomunikasikan hasil pemahaman tentang memahami, menangkap makna bahasa, menelaah, merevisi,dan meringkas teks cerita fabel.
2.1.5 Memberi tanggapan dengan jujur hasil presentasi teman tentang teks cerita fabel.

Percaya Diri
2.1.1 Mampu menuliskan struktur, isi,  dan ciri bahasa teks cerita fabel dengan tepat.
2.1.2 Menulis sendiri (tidak dituliskan/dikerjakan orang lain) struktur, isi, dan ciri bahasa teks cerita fabel.
2.1.3 Mampu mengomunikasikan hasil pemahaman tentang struktur, isi, dan ciri bahasa teks cerita fabel dengan jelas dan logis.
2.1.3 Berani mengemukaan pendapat, tanggapan, dan sanggahan tentang struktur, isi, dan ciri bahasa teks cerita fabel dengan jelas dan logis.
KI 3
3.1 Memahami teks cerita fabel, teks Biografi, teks Prosedur, teks Diskusi dan teks Ulasan baik melalui lisan maupun tulisan.
    
3.1.1    Mengidentifikasi teks cerita fabel
3.1.2    Menentukan struktur teks cerita fabel
KI 4
4.1 Manangkap makna teks cerita fabel, teks Biografi, teks Prosedur, teks Diskusi dan teks Ulasan baik secara lisan maupun tulisan.
     
4.1.1    Menangkap makna teks cerita fabel
4.1.2    Menentukan ciri bahasa teks cerita fabel
4.1.3    Membuat kesimpulan isi cerita fabel


D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
·         Pengertian teks cerita fabel
·         Teks cerita fabel
·         Struktur teks cerita fabel
·         Unsur kebahasaan teks cerita fabel
Keterampilan
·         Menyusun teks cerita fabel dengan kata-kata sendiri dengan urut dan logis.
·         Mengidentifikasi kekurangan teks cerita fabel.

2.      Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Pengertian teks cerita fabel
·         Teks cerita fabel
·         Struktur teks cerita fabel
·         Unsur kebahasaan teks cerita fabel
Keterampilan
·         Menyusun teks cerita fable dengan kata-kata sendiri dengan urut dan logis.
·         Mengidentifikasi kekurangan teks cerita fabel.

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Pengertian teks cerita fabel
·         Teks cerita fabel
·         Struktur teks cerita fabel
·         Unsur kebahasaan teks cerita fabel

Keterampilan
·         Menyusun teks cerita fable dengan kata-kata sendiri dengan urut dan logis.
·         Mengidentifikasi kekurangan teks cerita fabel.
Sikap utama yang ditumbuhkan : sikap peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerja sama , proaktif, dan kreatif
E.     METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan                             : Scientific Learning
Metode                                    : Tanya Jawab, Diskusi, dan Penugasan
Model Pembelajaran               : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem  Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)


F.     MEDIA, ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

Media : 
1.      Buku Teks dan contoh Teks Cerita Fabel
2.      Lembar  penilaian

Alat/Bahan :

1.      Penggaris, spidol, dan papan tulis.
2.      Laptop

Sumber Pembelajaran

1        Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas VIII,  Kemendikbud, tahun 2014
2        Kamus Besar Bahasa Indonesia
3        Pengalaman peserta didik dan guru


G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan (10 menit)
1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelaumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3.      Untuk memberikan motivasi peserta didik dalam pembelajaran  memahami teks cerita fabel, guru menampilkan puisi tentang binatang.
4.      Peserta didik disiapkan untuk mengikuti pembelajaran tentang teks cerita fabel, yang pernah mereka baca.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran.
6.      Peserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran

Kegiatan inti (80 menit)
Mengamati:
1.      Peserta didik mengamati tentang sikap-sikap baik dan buruk yang terjadi di sekitar.
2.      Peserta didik membaca teks cerita fabel dengan cermat.

Menanya:
3.      Dengan percaya diri dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, peserta didik menanyakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks cerita fabel.

Mengumpulkan informasi:
4.      Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok dengan anggota 3-4 orang untuk menarik perhatian mereka, guru menyediakan nama-nama kelompok  sesuai dengan nama-nama hewan yang mereka sukai.
5.      Peserta didik mendiskusikan makna cerita, struktur, dan unsur kebahasaan  teks cerita fabel.

Mengasosiasi:
6.      Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang makna teks cerita dan struktur teks cerita, antarteman dalam kelompoknya dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mengomunikasikan
7.      Masing-masing kelompok peserta didik mempresentasikan makna teks cerita, struktur teks cerita, dan unsur kebahasaan teks cerita fabel dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kemudian ditanggapi oleh kelompok peserta didik lain dalam diskusi kelas.
8.      Peserta  didik menyimpulkan isi cerita teks cerita fabel.

Kegiatan Akhir atau Penutup (10 menit)
1.      Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran tentang makna, struktur, dan unsur kebahasaan teks cerita fabel.
2.      Peserta didik mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat mengidentifikasi  makna teks cerita dan struktur, serta unsur kebahasaan teks cerita fabel.
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
4.      Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru mengenai teks cerita fabel.
5.      Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.

H.    Penilaian, Pembelajaran Remidial, dan Pengayaan

1.  Jenis / teknik Penilaian:

a.  Sikap
-  Penilaian Diri
-  Penilaian Jurnal
-  Penilaian Observasi

b.  Pengetahuan
-  Penugasan
-  Tes Lisan  
-  Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda

c.  Keterampilan
-  Penilaian Portofolio
-  Penilaian Proyek
-  Penilaian Unjuk Kerja

2.  Bentuk Instrumen dan instrumen

 Instrumen Penilaian Pengetahuan

a.       Tes Tertulis

Tes Uraian
1)   Berdasarkan teks cerita fabel yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks cerita fabel dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf))!
2)   Berdasarkan teks cerita fabel, identifikasi dan jelaskanlah ciri-ciri bahasa teks cerita fabel dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!





Kunci
1)       
No
Struktur Teks
Kalimat


Orientasi



Komplikasi




Resolusi




Koda

   Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

2)                  

Unsur Kebahasaan
Kalimat


Mengidentifikasi kata kerja




Penggunaan kata sandang si dan sang




Penggunaan kata keterangan tempat dan waktu




Penggunaan kata hubung lalu, kemudian dan akhirnya.

Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

Pedoman Penskoran
No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a.       Struktur dan ci  Struktur teks cerita fabel yang lengkap
b.  Struktur teks cerita fabel kurang lengkap
c.  Struktur teks cerita fabel tidak  lengkap

3
2
1
2.
Kesesuaian
a.   Data (kalimat/kebahasaan) mendukung atau sesuai dengan   struktur dan teks cerita fabel yang dimaksud
b.   Data (kalimat/ kebahasaan) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan teks cerita fabel yang dimaksud
c.   Data (kalimat/ kebahasaan) tidak mendukung atau tidak sesuai dengan struktur dan teks cerita fabel yang dimaksud

3

2

1


b.      Tes Unjuk Kerja
Tes uji petik kerja
1)   Berdasarkan teks cerita fabel, tentukan makna dan struktur teks cerita tersebut!
2)   Berdasarkan teks cerita fabel, tentukan unsur kebahasaan teks cerita tersebut!









Mengetahui,                                                   Pringsewu,     Juli  2017
Kepala Sekolah,                                            Guru Mata Pelajaran,




                                                           






Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan      :
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/semester            : VIII/1
Materi Pokok              : Teks Biografi
Waktu                         :  3 x 40 menit

A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.      Memahami teks Biografi berdasarkan struktur teks Biografi.
2.      Menyusun dan meringkat teks Biografi.
3.      Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks Biografi.

B.  Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong, santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan atau alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

C.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian

KI
Kompetensi Dasar
Indikator
KI 1
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis

1.3.1        Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung.
1.3.2        Senantiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam memahami, menyusun, menelaah, dan merevisi  teks biografi.
1.3.3        Senantiasa mengucapkan rasa syukur setelah menyelesaikan kegiatan.
1.3.4        Senantiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan santun dalam berkomunikasi antarsesama.
KI 2
2.1 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam menangani kejadian dan memberikan makna kejadian dalam konteks budaya masyarakat

Jujur
2.1.1 Tidak menyontek pekerjaan teman dalam memahami, menangkap makna bahasa, menelaah, merevisi,dan meringkas teks biografi.
2.1.2 Tidak menyalin pekerjaan teman/orang lain sebagai karya sendiri.
2.1.3 Berkata jujur dan mau bertanya apabila tidak/belum memahami teks biografi.
2.1.4 Mengomunikasikan hasil pemahaman tentang memahami, menangkap makna bahasa, menelaah, merevisi,dan meringkas teks biografi.
2.1.5 Memberi tanggapan dengan jujur hasil presentasi teman tentang teks biografi.
Percaya Diri
2.1.1 Mampu menuliskan struktur, isi,  dan ciri bahasa teks biografi dengan tepat.
2.1.2 Menulis sendiri (tidak dituliskan/dikerjakan orang lain) struktur, isi, dan ciri bahasa teks biografi.
2.1.3 Mampu mengomunikasikan hasil pemahaman tentang struktur, isi, dan ciri bahasa teks biografi dengan jelas dan logis.
2.1.3 Berani mengemukaan pendapat, tanggapan, dan sanggahan tentang struktur, isi, dan ciri bahasa teks biografi dengan jelas dan logis.
KI 3
1.3    Mengklasifikasi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi
baik melalui lisan maupun tulisan.

1)      Mengklasifikasi teks biografi

KI 4
1.3    Menelaah dan merevisi teks cerita moral /fabel,ulasan,diskusi,cerita prosedur, dan cerita  biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.

1)   Menelaah judul teks biografi
2)   Menelaah ketepatan dan kelengkapan identitas tokoh
3)   Menelaah perjuangan/prestasi,atau hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh
4)   Menelaah bahasa teks biografi: struktur kalimat,ejaan,tanda baca
5)   Merevisi  isi dan bahasa teks biografi


I.       Materi Pembelajaran

3.      Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
·         Pengertian teks Biografi
·         Teks Biografi
·         Struktur teks Biografi
·         Unsur kebahasaan teks Biografi
Keterampilan
·         Menyusun dan meringkas Teks Biografi dengan memperhatikan unsure kebahasaan
·         Mengidentifikasi Teks Biografi

4.      Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Pengertian teks Biografi
·         Teks Biografi
·         Struktur teks Biografi
·         Unsur kebahasaan teks Biografi
Keterampilan
·         Menyusun dan meringkas Teks Biografi dengan memperhatikan unsur kebahasaan
·         Mengidentifikasi Teks Biografi
3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Pengertian teks Biografi
·         Teks Biografi
·         Struktur teks Biografi
·         Unsur kebahasaan teks Biografi
Keterampilan
·         Menyusun dan meringkas Teks Biografi dengan memperhatikan unsur kebahasaan
·         Mengidentifikasi Teks Biografi.
Sikap utama yang ditumbuhkan : sikap peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerja sama , proaktif, dan kreatif
J.      METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan                             : Scientific Learning
Metode                                    : Tanya Jawab, Diskusi, dan Penugasan
Model Pembelajaran               : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem  Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)


K.    MEDIA, ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

Media : 
3.      Buku Teks, dan contoh Teks Biografi
4.      Lembar  penilaian

Alat/Bahan :

3.      Penggaris, spidol, papan tulis.
4.      Laptop

Sumber Pembelajaran

4        Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas VIII,  Kemendikbud, tahun 2014
5        Kamus Besar Bahasa Indonesia
6        Pengalaman peserta didik dan guru

A.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan (10 menit)

1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaiatan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3.      Untuk memberikan motivasi peserta didik dalam pembelajaran mengklasifikasi dan menelaah teks biografi ,guru menampilkan dua gambar pahlawan dan puisi tentang pahlawan.
4.      Peserta didik disiapkan Untuk mengikuti pelajaran tentang cerita biografi dengan menyanyakan tentang klasifikasi  dan cara menelaah teks biografi.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran.
6.      Peserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran.

Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati:
1.      Peserta didik membaca dua buah teks biografi

Menanya
2.      Peserta didik menanya tentang klasifikasi teks biografi

Mengumpulkan Informasi:
3.      Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok dengan anggota 3-4 orang.untuk menarik perhatian mereka guru menyediakan nama-nama kelompok sesuai dengan pahlawan yang mereka kenal.
4.      Peserta didik mendiskusikan klasifikasi teks biografi dengan jujur,percaya diri dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mengasosiasi:
5.      Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang klasifikasi untuk memperkuat pemahaman antarteman dalam kelompok dengan jujur,percaya diri,dan menggunakan bahasa Indonesia baik dan benar.

Mengkomunikasikan:
6.      Masing_masing kelompok peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan jujur,percaya diri,dan mengunakan bahsa Indonesia yang baik dan benar,kemudian ditanggapi oleh kelompok peserta didik yang lain dalam diskusi kelas.

Penutup (10 menit)
1.      Dengan bimbingan guru,peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang klasifikasi dua teks biografi.
2.      Peserta didik mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami klasifikasi dua teks  biografi.
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
4.      Pesrta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru mengenai klasifikasi dua teks biografi.
5.      Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.

Pertemuan kedua
Pendahuluan (10 menit)
1.      Pesrta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tenyang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3.      Peserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang menelaah dan merevisi teks biografi dengan menanyakana buku biografi  yang pernah mereka baca atau diketahui.
4.      Peserta didik menerima informasi tentang tujuan dan manfaat pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 60 menit )
Mengamati
1.Peserta didik membaca dua buah teks biografi contoh teks biografi.

Menanya
1.      Peserta didik menanya tentang cara menelaah teks biografi
Mengumpulkan Informasi
2.      Peserta didik diarahkan untuk berkelompok kembali dengan anggota 3-4 orang seperti pada pertemuan pertama.
3.      Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks biografi yang ditemukan secara jujur dari segi bahasa.
4.      Peserta didik merevisi kekurangan teks biografi yang ditemukan dari bahasa dan isi dengan jujur,percaya diri,dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mengasosiasi:
5.      Peserta didik membandingkan hasil telaah tentang kelebihan/kekurangan ringkasan teks
biografi untuk memperkuat pamahaman dan keterampilan tentang teks biografi.

              Mengkomunikasikan:
6.      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi teks tentang telaah dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas.
7.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompoksecara jujur dan santun.
8.      Peserta didik bersama dengan guru menentukan hasil kalsifikasi dan telaah teks biografi terbaik dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia baik dan benar.

Kegiatan Akhir atau Penutup (10 menit)
1.      Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran tentang telaah teks biografi
2.      Guru memberikan umpan balik dengan menanyakan kendala-kendala yang dialami peserta didik dalam menelaah teks biografi.
3.      Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah,yaitu mengklasifikasi dan menelaah teks biografi secara mandiri.

L.     Penilaian, Pembelajaran Remidial, dan Pengayaan
PENILAIAN HASIL BELAJAR

1.  Jenis / teknik Penilaian:

a.  Sikap
-  Penilaian Diri
-  Penilaian Jurnal
-  Penilaian Observasi

b.  Pengetahuan
-  Penugasan
-  Tes Lisan  
-  Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda

c.  Keterampilan
-  Penilaian Portofolio
-  Penilaian Proyek
-  Penilaian Unjuk Kerja

2.  Bentuk Instrumen dan instrument

   InstrumenPenilaianPengetahuan

a.    Tes Tertulis
Tes Uraian
1)   Berdasarkan teks biografi yang diberikan, identifikasikanlah teks biografi berdasarkan struktur teks biorgafi!
 2)   Berdasarkan teks biografi, identifikasilah unsur kebahasaan yang ada dalam teks biografi tersebut, dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!



Kunci
1)       
No
Struktur Teks
Kalimat


Orientasi



Peristiwa dan masalah




Reorientasi


   Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

2)                  

Unsur Kebahasaan
Kalimat


Kata Hubung




Merujuk Kata




Kata Kerja




Waktu, aktivitas, dan tempat

Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

Pedoman Penskoran
No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a.       Struktur dan ci  Struktur teks biografi yang lengkap
b.  Struktur teks  biografi kurang lengkap
c.  Struktur teks biografi tidak  lengkap

3
2
1
2.
Kesesuaian
a.   Data (kalimat/kebahasaan) mendukung atau sesuai dengan   struktur dan teks biorgrafi yang dimaksud
b.   Data (kalimat/ kebahasaan) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan teks biorgrafi yang dimaksud
c.   Data (kalimat/ kebahasaan) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan teks biorgrafi yang dimaksud

3

2

1

b.   Tes Unjuk Kerja
Tes uji petik kerja
1)   Berdasarkan teks biografi, tentukan struktur teks biografi tersebut!
2)   Berdasarkan teks biografi, tentukan unsur kebahasaan teks biorgrafi tersebut!






Mengetahui,                                                   Pringsewu,     Juli  2017
Kepala Sekolah,                                            Guru Mata Pelajaran,



                                                           












Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan      :
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/semester            : VIII/1
Materi Pokok              : Teks Prosedur
Waktu                         :  3 x 40 menit

M.   Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat:
4.      Memahami Teks Prosedur berdasarkan struktur teks prosedur dan unsur kebahasaan.
5.      Menyusun teks prosedur yang urut dan logis.
6.      Meringkas dan menceritakan teks prosedur.

A.  Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya
2.    Menghargai dan menghayati prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (factual konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mencoba, mengelola, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan, membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

N.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
 KI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
KI 1
1.1    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya
1.3.1        Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung.
1.3.2        Senantiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam memahami, menyusun, menelaah, dan merevisi  teks prosedur.
1.3.3        Senantiasa mengucapkan rasa syukur setelah menyelesaikan kegiatan.
1.3.4        Senantiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan santun dalam berkomunikasi antarsesama.
KI 2
1.1    Menghargai dan menghayati prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Jujur
2.1.1 Tidak menyontek pekerjaan teman dalam memahami, menangkap makna bahasa, menelaah, merevisi,dan meringkas teks prosedur.
2.1.2 Tidak menyalin pekerjaan teman/orang lain sebagai karya sendiri.
2.1.3 Berkata jujur dan mau bertanya apabila tidak/belum memahami teks prosedur.
2.1.4 Mengomunikasikan hasil pemahaman tentang memahami, menangkap makna bahasa, menelaah, merevisi,dan meringkas teks prosedur.
2.1.5 Memberi tanggapan dengan jujur hasil presentasi teman tentang teks prosedur.
Percaya Diri
2.1.1Mampu menuliskan struktur, isi,  dan ciri bahasa teks prosedur dengan tepat.
2.1.2Menulis sendiri (tidak dituliskan/dikerjakan orang lain) struktur, isi, dan ciri bahasa teks prosedur.
2.1.3 Mampu mengomunikasikan hasil pemahaman tentang struktur, isi, dan ciri bahasa teks prosedur dengan jelas dan logis.
2.1.3 Berani mengemukaan pendapat, tanggapan, dan sanggahan tentang struktur, isi, dan ciri bahasa teks prosedur dengan jelas dan logis.
KI 3
3.3 Mengklasifikasikan teks cerita  moral/fabel ulasan diskusi cerita prosedur dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
1)   Mengklasifikasi  teks
2)   Mengenali teks prosedur

KI 4
4.3 Menelaah dan merevisi teks cerita moral, fable , ulasan diskusi cerita prosedur dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
1)   Penelaahan  teks prosedur
2)   Menyusun teks prosedur dengan kata-kata sendiri


O.    Materi Pembelajaran
5.      Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
·         Pengertian teks prosedur
·         Teks prosedur “Pencakokan Tanaman”
·         Struktur teks prosedur
·         Unsur kebahasaan teks prosedur
Keterampilan
·         Memahami Teks Prosedur berdasarkan struktur teks prosedur dan unsur kebahasaan.
·         Menyusun teks prosedur yang urut dan logis.
·         Meringkas dan menceritakan teks prosedur.

6.      Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Pengertian teks prosedur
·         Teks prosedur “Pencakokan Tanaman”
·         Struktur teks prosedur
·         Unsur kebahasaan teks prosedur
Keterampilan
·         Memahami Teks Prosedur berdasarkan struktur teks prosedur dan unsur kebahasaan.
·         Menyusun teks prosedur yang urut dan logis.
·         Meringkas dan menceritakan teks prosedur.

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Pengertian teks cerita fabel
·         Teks cerita fabel
·         Struktur teks cerita fabel
·         Unsur kebahasaan teks cerita fabel


Keterampilan
·         Memahami Teks Prosedur berdasarkan struktur teks prosedur dan unsur kebahasaan.
·         Menyusun teks prosedur yang urut dan logis.
·         Meringkas dan menceritakan teks prosedur.
Sikap utama yang ditumbuhkan : sikap peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerja sama , proaktif, dan kreatif
P.     METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan                             : Scientific Learning
Metode                                    : Tanya Jawab, Diskusi, dan Penugasan
Model Pembelajaran               : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem  Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)


Q.    MEDIA, ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

Media : 
5.      Buku Teks, dan contoh Teks Prosedur
6.      Lembar  penilaian

Alat/Bahan :

5.      Penggaris, spidol, papan tulis.
6.      Laptop

Sumber Pembelajaran

7        Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas VIII,  Kemendikbud, tahun 2014
8        Kamus Besar Bahasa Indonesia
9        Pengalaman peserta didik dan guru


R.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pendahuluan (10 menit)
a.      Kegiatan Pendahuluan
1.      Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.      Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.      Peserta didik menerima infrmasi tentang tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran.

b.      Kegiatan Inti (60 menit)

Mengamati
1.      Peserta didik membaca teks prosedur mengklasifikasi  kekurangan teks prosedur
2.      Peserta didik megenali teks prosedur dengan baik
Menanya
3.      Dengan percaya diri dan menggunakan bahasa Indonesia yang  baik dan benar peserta didik menayakan bagian klasifikasi teks prosedur dan mengenaliteks prosedur yang baik dan teks yang kurang baik.
Mengumpulkan Informasi
4.      Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok dengan anggota 5-6 orang. Untuk mendiskusikan bagian klasifikasi teks prosedur yang baik dan benar
5.      Peserta didik mendiskusikan cara dan langkah-langka serta prosedur dalam menyusun teks prosedur dengan baik dan benar
6.      Peserta didik mendiskusikan hasil kerja kelompok dengan jujur ,percaya diri  dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mengasosiasi
7.      Pesera didik membandingkan hasil diskusi tentang pembuatan teks prosedur antar teman dalam kelompoknya denagan jujur, percaya diri dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mengkomunikasikan
8.      Masing-masing kelompok peserta didik mempresentasikan hasil pembuatan teks prosedur dengan jujur,percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kemudian di  tanggapi oleh kelompok peserta didik yang lain dalam diskusi kelas.

c.       Penutup (10 menit)
1.      Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang  teks prosedur
2.      Peserta didik mengidentifikasi hambatan-hambatan yang di alami saat membuat teks prosedur
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan guru
4.      Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru mengenai pembuatan teks prosedur
5.      Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindakm lanjut pembelajaran
Pertemuan kedua
a.       Pendahuluan (10 menit)

1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubunngan dengan kondisi siswa dan kelas
2.      Pesserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan penngetahuan sebelumnya dengan materi yang akan di pelajari
3.      Peserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tantang menyusun teks prosedur dengan buku teks prosedur dari  yang mereka baca
4.      Peserta didik menerima informasi tentang tujuan dan manfaat pembelajaran

b.      Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati urutan penulisan teks prosedur,dan menyusunteks prosedur dengan kata-kata sendiri
Menanya
2.      Peserta didik menanyakan langkah langkah menyusun teks prosedur
Megumpulkan informasi
3.      Peserta didik diarahkan untuk berkelompok kembali dengan anggota 5-6 orang seperti pada pertemuan pertama
4.      Peserta didik menyusun teks prosedur dengan memperhatikan kebenaran dan keruntutan bahasa
Mengasosias
       5 Peserta didik dalam kelompoknya mendiskusikan penyusunan teks prosedur  berdsarkan informasi yang di dapat dengan jujur,percaya diri dan menggunakan bahasa 
Indonesia yang baik dan benar
Mengkomunikasikan
6  masing-masing kelompok memprestasikan teks prosedur yang telah disusun kemudian kelompok lain memberikan tanggapan/masukan dengan jujur,pecaya diri,dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan  benar
7  Peserta didik bersama dengan guru menentukan teks prosedur terbaik dengan jujur, percaya diri, dan  menggunakan bahasa Inndonesia yang baik dan benar.
Penutup (10 menit)
1.      Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran tentang penyusunan teks prosedur
2.      Guru memberikan umpan balik dengan menanyakan kendala-kendala  yagg dialai peserta didik dalam menyusun teks prosedur
3.      Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah, yaitu menyusun teks prosedur secara sendiri.

S.      Penilaian, Pembelajaran Remidial, dan Pengayaan

1.  Jenis / teknik Penilaian:

a.  Sikap
-  Penilaian Diri
-  Penilaian Jurnal
-  Penilaian Observasi

b.  Pengetahuan
-  Penugasan
-  Tes Lisan  
-  Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda

c.  Keterampilan
-  Penilaian Portofolio
-  Penilaian Proyek
-  Penilaian Unjuk Kerja

2.  Bentuk Instrumen dan instrument

   InstrumenPenilaianPengetahuan

a.    Tes Tertulis
Tes Uraian
1)   Berdasarkan teks cerita fabel yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks cerita fabel dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf))!
2)   Berdasarkan teks laporan hasil observasi, identifikasi dan jelaskanlah ciri-ciri bahasa teks laporan hasil observasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!

Kunci
1)       
No
Struktur Teks
Kalimat


Tujuan



Langkah-langkah


   Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

2)                  

Unsur Kebahasaan
Kalimat


Antonim




Sinonim




Kata bilangan




Kalimat perintah

Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

Pedoman Penskoran
No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a.       Struktur dan ci  Struktur teks prosedur yang lengkap
b.  Struktur teks prosedur kurang lengkap
c.  Struktur teks prosedur tidak  lengkap

3
2
1
2.
Kesesuaian
a.   Data (kalimat/kebahasaan) mendukung atau sesuai dengan   struktur dan teks prosedur yang dimaksud
b.   Data (kalimat/ kebahasaan) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan teks prosedur yang dimaksud
c.   Data (kalimat/ kebahasaan) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan teks prosedur yang dimaksud

3

2

1









b.   Tes Unjuk Kerja
Tes uji petik kerja
1)   Berdasarkan teks prosedur, tentukan struktur teks prosedur tersebut!
2)   Berdasarkan teks cerita fabel, tentukan unsur kebahasaan teks prosedur tersebut!








Mengetahui,                                                   Pringsewu,     Juli  2017
Kepala Sekolah,                                            Guru Mata Pelajaran,



                                                           















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VIII / 2
Materi Pokok              : Teks Diskusi
Alokasi Waktu            : 3 x 40 menit

A.  Tujuan Pembelajaran

1.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia  sebagai  anugerah  Tuhan  yang  Maha  Esa  sebagai  sarana  menyajikan  informasi  lisan dan tulis
2.    Setelah  membaca  teks  diskusi, peserta  didik  dapat  memahami  makna/isi  yang terkandung dalam teks diskusi dengan benar.
3.    Setelah membaca  teks  diskusi dan  mendiskusikannya  siswa  dapat  menelaah unsur kebahasaan teks diskusi baik secara lisan maupun tulisan.
4.    Setelah membaca teks diskusi, peserta didik dapat dapat  menyusun teks diskusi berdasarkan struktur teks dan unsur kebahasaan teks diskusi dengan baik dan benar.

B.  Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedur) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

C.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
KI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
KI 1
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
1.3.5        Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung.
1.3.6        Senantiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam memahami, menelaah,  merevisi, menyusun dan meringkas teks diskusi
1.3.7        Senantiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan santun dalam berkomunikasi antarsesama.
KI 2
2.2 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peristiwa hidup diri sendiri dan orang lain.
Jujur
2.1.1 Tidak menyontek pekerjaan teman dalam memahami, menelaah, merevisi, menyusun dan meringkas teks diskusi
2.1.2 Tidak menyalin pekerjaan teman/orang lain sebagai karya sendiri.
2.1.3 Berkata jujur dan mau bertanya apabila tidak/belum memahami teks diskusi
2.1.4 Mengomunikasikan hasil pemahaman tentang memahami, , menelaah, merevisi, menyusun dan meringkas teks diskusi
2.1.5 Memberi tanggapan dengan jujur hasil presentasi teman tentang teks diskusi
Percaya Diri
2.1.1 Mampu menuliskan makna/isi,  struktur, dan unsur kebahasaan  teks diskusi dengan tepat.
2.1.2 Menulis sendiri (tidak dituliskan/dikerjakan orang lain) makna/isi, struktur, dan unsur kebahasaan teks diskusi
2.1.3 Mampu mengomunikasikan hasil pemahaman tentang struktur, makna/isi, dan unsur kebahasaan teks diskusi dengan jelas dan logis.
2.1.3 Berani mengemukaan pendapat, tanggapan, dan sanggahan tentang struktur, makna/isi, dan unsur kebahasaan teks diskusi dengan jelas dan logis.
KI 3
3.1 Memahami teks cerita fabel, teks Biografi, teks Prosedur, teks Diskusi dan teks ulasan baik melalui lisan maupun tulisan.
  
3.1.3    Mengidentifikasi teks diskusi
3.1.4    Menentukan struktur teks dan unsur kebahasaan teks diskusi
3.1.5    Menyusun teks diskusi
KI 4
4.1 Manangkap makna teks cerita fabel, teks Biografi, teks Prosedur, teks Diskusi dan teks ulasan baik secara lisan maupun tulisan.
      
4.1.1    Menangkap makna teks diskusi
4.1.2    Menentukan unsur kebahasaan teks diskusi
4.1.3    Membuat kesimpulan makna/isi teks diskusi
C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Pengertian teks diskusi.
  • Struktur teks diskusi.
  • Unsur kebahasaan teks diskusi.
  • Tujuan diskusi.
  • Jenis-jenis dikusi.
  • Contoh mengenali struktur teks diskusi.
Keterampilan
·         Menentukan struktur teks dan unsur kebahasaan teks diskusi
·         Praktik menyusun teks diskusi berdasarkan struktur teks dan unsur kebahasaan
2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Pengertian teks diskusi.
  • Struktur teks diskusi.
  • Unsur kebahasaan teks diskusi.
  • Tujuan diskusi.
  • Jenis-jenis dikusi.
  • Contoh mengenali struktur teks diskusi.
Keterampilan
  • Menentukan struktur teks dan unsur kebahasaan teks diskusi
  • Praktik menyusun dan meringkas teks diskusi berdasarkan struktur teks dan unsur kebahasaan.
3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Pengertian teks diskusi.
·         Struktur teks diskusi.
·         Unsur kebahasaan teks diskusi.
·         Tujuan diskusi.
·         Jenis-jenis dikusi.
·         Contoh mengenali struktur teks diskusi.

Keterampilan
  • Menentukan struktur teks dan unsur kebahasaan teks diskusi
  • Praktik menyusun dan meringkas teks diskusi berdasarkan struktur teks dan unsur kebahasaan.

Sikap utama yang ditumbuhkan : sikap peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dankerja sama , proaktif, dan kreatif.

D. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan  : Scientific Learning
Metode  : Tanya Jawab, Diskusi, dan Penugasan
Model Pembelajaran  :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem  Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)

E. MEDIA, ALAT, BAHAN DAN
Media : 
1.          Teks diskusi
2.          Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3.          Lembar penilaian

Alat/Bahan :
1.      Penggaris, spidol, papan tulis
2.      Laptop

F. SUMBER PEMBELAJARAN

1.      Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas VII,  Kemendikbud, Edisi Revisi 2014
2.      Kamus Besar Bahasa Indonesia
3.      Pengalaman peserta didik dan guru

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.  Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas
2.  Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
3. Untuk memberi motivasi peserta didik dalam menulis teks diskusi, guru menampilkan satu teks diskusi
4.  Peserta didik disiapkan untuk mengikuti pembelajaran menulis teks diskusi
5.  Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran dan mafaat pembelajaran
6. Peserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran 

b.  Kegiatan Inti (60 menit)
     Mengamati:
1.      Peserta didik membaca teks diskusi yang terdapat pada buku siswa halaman 117-118
2.      Peserta didik mengamati contoh teks diskusi
Menanya:
3.    Dengan sikap santun dan menggunakan bahasa yang baik dan benar, siswa bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks diskusi
4.    Dengan sikap santun dan menggunakan bahasa yang baik dan benar, siswa bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan struktur teks dan unsur kebahasaan dan siswa lain menangapinya
Mengumpulkan Data:
5.     Peserta didik dalam kelompoknya diarahkan untuk menentukan struktur dan unsur kebahasaan teks diskusi yang ada dalam buku siswa
6.     Peserta didik mendiskusikan jenis-jenis teks diskusi 
Mengasosiasi:
7.         Peserta didik membandingkan struktur teks dan unsur kebahasaan teks diskusi antar teman dalam kelompoknya
Mengkomunikasikan:
8.       Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang struktur teks, unsur kebahasaan dan jenis-jenis teks diskusi dengan jujur, percaya diri, dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, kemudian ditanggapi oleh kelompok peserta didik lain dalam diskusi kelas.

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1. Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran tentang teks diskusi
2.  Guru memberikan umpan balik dengan menanyakan kendala-kendala yang dialami peserta didik dalam menentukan struktur teks, unsur kebahasaan dan jenis-jenis teks diskusi

H. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1.  Jenis / teknik Penilaian:

a.  Sikap
-  Penilaian Diri
-  Penilaian Jurnal
-  Penilaian Observasi
-  Penilaian Teman Sebaya
b.  Pengetahuan
-  Penugasan
-  Tes Lisan  
-  Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
c.  Keterampilan
-  Penilaian Portofolio
-  Penilaian Proyek
-  Penilaian Unjuk Kerja

2.  Bentuk Instrumen dan instrument

   InstrumenPenilaianPengetahuan

a.    Tes Tertulis
Tes Uraian
1)   Berdasarkan teks diskusi yang diberikan, identifikasilah dan jelaskan struktur teks yang terdapat di dalam teks diskusi!
 2)   Berdasarkan teks laporan hasil observasi, identifikasi dan jelaskanlah unsur kebahasaan yang terdapat di dalam teks diskusi!

Kunci
1)                  

Struktur Teks
Kalimat


Isu



Argumen mendukung




Argumen menentang





Simpulan

  
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

2)                  

Unsur Kebahasaan
Kalimat


Penggunaan konjungsi berlawanan




Penggunaan kohesi leksikal




Penggunaan kohesi gramatikal




Penggunaan modalitas

       Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks


Pedoman Penskoran
No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a.       Struktur dan   Struktur teks dan unsur kebahasaan teks diskusi
b.   Struktur dan unsur kebahasaan teks diskusi kurang lengkap
c.   Struktur dan unsur kebahasaan teks diskusi tidak  lengkap

3
2
1
2.
Kesesuaian
a.       Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur dan unsur kebahasaan teks diskusi dimaksud
b.      Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan unsur kebahasaan teks diskusi dimaksud
c.       Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan unsur kebahasaan teks diskusi dimaksud

3

2

1

b.   Tes Unjuk Kerja
Tes uji petik kerja
1)   Berdasarkan teks diskusi, tentukan makna teks diskusi dan susunlah struktur teks diskusi secara sistematis!
2)   Berdasarkan teks diskusi, tentukan unsur kebahasaan teks diskusi tersebut disertai dengan data yang mendukung!


Mengetahui                                                    Pringsewu,     Juli  2017
Kepala Sekolah,                                            Guru Mata Pelajaran,




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                  :
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : VIII/2
Materi Pokok                          : Teks Ulasan
Waktu                                     : 3 X 40 Menit

A.  Tujuan Pembelajaran

1.      Selama  dan  setelah proses  pembelajaran,  siswa  dapat menghargai  dan  mensyukuri  keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia  sebagai  anugerah  Tuhan  yang  Maha  Esa  sebagai  sarana  menyajikan  informasi  lisan dan tulis.
3.      Setelah  membaca  teks  laporan  hasil  observasi,  peserta  didik  dapat  memahami  makna  yang terkandung dalam teks laporan hasil observasi dengan benar.
4.      Setelah membaca teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks laporan hasil observasi dengan baik dan benar.
5.      Setelah membaca  teks  hasil  observasi  dan  mendiskusikannya  siswa  dapat  mengetahui  ciri bahasa teks hasil laporan observasi baik secara lisan maupun tulisan

B.     Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mambuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

C.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
KI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
KI 1
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
1.3.8        Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung.
1.3.9        Senantiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam memahami, mengidentifikasi, menyusun, dan mengulas  teks cerita ulasan.
1.3.10    Senantiasa mengucapkan rasa syukur setelah menyelesaikan kegiatan.
1.3.11    Senantiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan santun dalam berkomunikasi antarsesama.
KI 2
2.3 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peristiwa hidup diri sendiri dan orang lain.
Jujur
2.1.1 Tidak menyontek pekerjaan teman dalam memahami, mengidentifikasi, menyusun, dan mengulas  teks cerita ulasan.
2.1.2 Tidak menyalin pekerjaan teman/orang lain sebagai karya sendiri.
2.1.3 Berkata jujur dan mau bertanya apabila tidak/belum memahami teks cerita ulasan.
2.1.4 Mengomunikasikan hasil pemahaman tentang memahami, mengidentifikasi, menyusun, dan mengulas  teks cerita ulasan.
2.1.5 Memberi tanggapan dengan jujur hasil presentasi teman tentang teks cerita ulasan.
Percaya Diri
2.1.1 Mampu menuliskan struktur teks ulasan,  dan unsur kebahasaan teks cerita ulasan dengan tepat.
2.1.2 Menulis sendiri (tidak dituliskan/dikerjakan orang lain) struktur teks ulasan,  dan unsur kebahasaan teks cerita ulasan.
2.1.3 Mampu mengomunikasikan hasil pemahaman tentang struktur teks ulasan,  dan unsur kebahasaan teks cerita ulasan dengan jelas dan logis.
2.1.3 Berani mengemukaan pendapat, tanggapan, dan sanggahan tentang struktur teks ulasan,  dan unsur kebahasaan teks cerita ulasan l dengan jelas dan logis.
KI 3
3.1 Memahami teks cerita fabel, teks Biografi, teks Prosedur, teks Diskusi dan teks ulasan baik melalui lisan maupun tulisan.
    
3.1.6    Memahami teks cerita ulasan
3.1.7    Menentukan struktur teks cerita ulasan
3.1.8    Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ulasan.
KI 4
4.1 Manangkap makna teks cerita fabel, teks Biografi, teks Prosedur, teks Diskusi dan teks ulasan baik secara lisan maupun tulisan.
      
4.1.4    Menangkap makna teks cerita ulasan.
4.1.5    Membuat kesimpulan isi cerita ulasan

D.  Materi Pokok

  1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Pengertian teks ulasan
  • Struktur teks ulasan
  • Unsur kebahasaan teks ulasan
  • Contoh pemodelan teks ulasan
.
Keterampilan
·         Menentukan gagasan pokok.
·         Praktik memahami isi teks ulasan (menjawab pertanyaan isi teks ulasan).
2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
.
  • Pengertian teks ulasan
  • Struktur teks ulasan
  • Unsur kebahasaan teks ulasan
  • Contoh pemodelan teks ulasan
Keterampilan.
  • Menentukan gagasan pokok.
  • Praktik memahami isi teks ulasan (menjawab pertanyaan isi teks ulasan).
3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·       Pengertian teks ulasan
·       Struktur teks ulasan
·       Unsur kebahasaan teks ulasan
·       Contoh pemodelan teks ulasan
Keterampilan
  • Menentukan gagasan pokok.
  • Praktik memahami isi teks ulasan (menjawab pertanyaan isi teks ulasan).
Sikap utama yang ditumbuhkan : sikap peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerja sama , proaktif, dan kreatif.
E.  METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan                             : Scientific Learning
Metode                                    : Tanya Jawab, Diskusi, dan Penugasan
Model Pembelajaran               :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem  Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)

F.   Media, Alat/ Bahan, dan Sumber pembelajaran

1.    Media
a.    Worksheet atau lembar kerja (siswa)
b.     Lembar  penilaian
c.    Teks ulasan

2.    Alat dan Bahan
·         Papan tulis, spidol
·         Laptop

3.    Sumber
● Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia: Wahana
    Pengetahuan Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
● Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia: Buku
    Guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
● Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa . 2003. Kamus Besar Bahasa
    Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
● Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010. Ejaan Bahasa Indonesia
    yang Disempurnakan. Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan (10 menit)
1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berkaitan dengan kondisi siswa di kelas
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
3.      Untuk memotivasi peserta didik dalam pembelajaran menulis teks ulasan, guru menampilkan contoh teks ulasan
4.      Peserta didik disiapkan untuk mengikuti pembelajaran tentang teks ulasan yang pernah mereka baca
5.      Peserta didik menerima informasi tentang tujuan dan manfaat pembelajaran
6.      Peserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran.


Kegiatan Inti (60 menit)

Mengamati:
1.    Siswa diminta membaca dan mengamati teks ulasan Laskar Pelangi
2.    Siswa dimita mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ulasan Laskar Pelangi.
Mencoba:
1.    Siswa diminta mengidentifikasi dan mengisi struktur teks ulasan Laskar Pelangi yang sudah ada dalam buku pelajaran
2.    Siswa diminta mengidentifikasi unsur kebahasaan yang ada dalam teks ulasan
      Laskar Pelangi
3.    Siswa diminta mencari makna kata sifat sikap dan kata metafora yang ada di dalam teks ulasan Laskar Pelangi
4.    Siswa diminta membuat kalimat dengan menggunakan kata sifat sikap dan kata metafora yang ada di dalam teks ulasan Laskar Pelangi
5.    Siswa diminta mencari kata rujukan yang ada di dalam teks ulasan Laskar Pelangi
Mengomunikasikan:
1.      Semua hasil kerja kelompok mengidentifikasi dan membuat kalimat didiskusikan di depan kelas
2.      Siswa yang lain memberikan tanggapan dan masukan.
Penutup (10 menit)
1.      Dengan bantuan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang ulasan teks.
2.      Peserta didik mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks ulasan.
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru
4.      Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru mengenai struktur dan kebahasaan teks ulasan
5.      Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran


H. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1.  Jenis / teknik Penilaian:

a.  Sikap
-  Penilaian Diri
-  Penilaian Jurnal
-  Penilaian Observasi
-  Penilaian Teman Sebaya
b.  Pengetahuan
-  Penugasan
-  Tes Lisan  
-  Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
c.  Keterampilan
-  Penilaian Portofolio
-  Penilaian Proyek
-  Penilaian Unjuk Kerja

2.  Bentuk Instrumen dan instrument

   InstrumenPenilaianPengetahuan

a.    Tes Tertulis
Tes Uraian
1)   Berdasarkan teks ulasan yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks ulasan dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
2)   Berdasarkan teks laporan hasil observasi, identifikasi dan jelaskanlah unsur kebahasaan teks ulasan dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!


Kunci
1)                  

Struktur Teks
Kalimat


Orientasi



Tafsiran




Evaluasi




Rangkuman

   Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

2)                  

Unsur kebahasaan
Kalimat


Penggunaan Kata sikap




Penggunaan kata benda dan kata kerja




Penggunaan metafora




Penggunaan kalimat



Penggunaan kata rujukan

       Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
Pedoman Penskoran
No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a.       Struktur danek Struktur teks dan unsur kebahasaan teks ulasan lengkap
b.      Struktur teks dan unsur kebahasaan teks ulasan kurang lengkap
c.       Struktur teks dan unsur kebahasaan teks ulasan tidak  lengkap

3
2
1
2.
Kesesuaian
a.       Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur teks dan unsur kebahasaan teks ulasan yang dimaksud
b.      Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur teks dan unsur kebahasaan teks ulasan yang dimaksud
c.       Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur teks dan unsur kebahasaan teks ulasan yang dimaksud

3


2

1

b.   Tes Unjuk Kerja
Tes uji petik kerja
1)   Berdasarkan teks ulasan, tentukan makna  yang terkandung di dalam teks ulasan tersebut!
2)   Berdasarkan teks ulasan , tentukan struktur teks dan unsur kebahasaan yang terda[at di dalam teks ulasan tersebut!



Mengetahui                                                    Pringsewu,     Juli  2017
Kepala Sekolah,                                            Guru Mata Pelajaran,












Postingan Lebih Baru Postingan Lama Beranda