Jumat, 15 Maret 2019

PENILAIAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MICRO TEACHING


PENILAIAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

Nama                           :  
Hari, Tanggal              :  Senin, 8 Mei 2017
Kelas/SMT                  :  VIII/ Ganjil
KD                              :  Teks Diskusi

No
Kriteria Penilaian
Skor
Deskripsi Penilaian
Perhitungan Skor
1
Keterampilan Membuka
2
Dari kelima penilai, semuanya kompak memberikan skor 2, keterampilan membuka sudah cukup tetapi, pada keterampilan membuka guru masih terlihat lemah  diantaranya, guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Ketika cara membuka guru sudah baik namun, akan kurang ketika guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan terlebih jika tidak mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

2
Keterampilan Menjelaskan
3
Pada keterampilan menjelaskan yang dilakukan oleh guru sudah baik. Diantara kelima penilai, dua penilai memberikan skor 2 dan tiga penilai memberikan skor 3. Berdasarkan data skor yang diberikan penilai, maka guru tersebut mendapat skor 3. Maka, dapat dikatakan bahwa guru sudah baik dalam menjelaskan. Namun, masih terdapat kekurangan diantaranya guru kurang menguasai materi secara maksimal dalam materi pembelajaran.

3
Keterampilan Bertanya
2
Pada keterampilan bertanya guru sudah cukup baik. Diantara kelima penilai, empat penilai memberikan skor 2 dan satu penilai memberikan skor 3. Berdasarkan data skor yang diberikan penilai, maka guru tersebut mendapat skor 2. Maka, dapat dikatakan bahwa guru masih butuh mengasah keterampilannya karena dalam keterampilan bertanya guru tidak mendekati, akan lebih baik jika guru mendekati siswa dan menanyakan kesulitan siswa sehingga siswa yang pemalu tidak merasa sungkan untuk bertanya.

4
Keterampilan Memberi Penguatan
2
Dari kelima penilai, semuanya kompak memberikan skor 2, Terbukti bahwa guru perlu meningkatkan keterampilan meningkatkan penguatan karena dalam proses pembelajaran belum terlihat jelas dan kurang bervariasi.

5
Keterampilan Menggunakan Media
3
Sudah baik dalam keterampilan menggunakan media. Terlihat penilai yang objektif memberikan nilai 3. Itu berarti dalam keterampilan menggunakan media, guru sudah cukup baik. Guru menggunakan LCD, laptop, power point.

6
Keterampilan Mengelola Kelas
2
Diantara kelima penilai, tiga penilai memberikan skor 2 dan dua penilai memberikan skor 3. Dari kelima penilai dapat dilihat bahwa banyak yang memberikan skor 2 pada guru dalam keterampilan mengelola kelas. Itu terbukti bahwa guru kurang menguasai keterampilan mengelola kelas.

7
Keterampilan Mengadakan Variasi 
2
Diantara kelima penilai, empat penilai memberikan skor 2 dan satu penilai memberikan skor 3. Dapat dilihat pada pemberian nilai bahwa banyak yang memberikan nilai 2 maka dari itu guru masih kurang dalam keterampilan mengadakan variasi diantaranya cara mengajar yang tidak biasa-biasa saja.

8
Keterampilan Mengajar Perorangan dan Kelompok Diskusi Kecil
2
Diantara kelima penilai, tiga penilai memberikan skor 2 dan dua penilai memberikan skor 3. Dari kelima penilai dapat dilihat bahwa banyak yang memberikan skor 2 pada guru dalam keterampilan mengajar masih perlu ditingkatkan. Itu terbukti bahwa guru kurang menguasai keterampilan mengelola kelas. dalam menerapkan kelompok kecil belum mencapai tujuan dan belum terlihatnya pengelolaan perorangan

9
Keterampilan Menggunakan Model, Strategi, dan Metode
2
Diantara kelima penilai, tiga penilai memberikan skor 2 dan dua penilai memberikan skor 3. Dari kelima penilai dapat dilihat bahwa banyak yang memberikan skor 2 Guru dalam menggunakan keterampilan menggunakan model, strategi, dan metode sudah cukup baik namun terkadang masih belum terlihat dan kurang menarik.

10
Penggunaan Bahasa
3
Diantara kelima penilai, empat penilai memberikan skor 3 dan satu penilai memberikan skor 2. Dari kelima penilai dapat dilihat bahwa banyak yang memberikan skor 3 penggunaan bahasa  guru sudah baik guru dapat menggunakan bahasa yang baik namun terkadang ada kelemahannya dalam menggunakan bahasa masih terlihat tersendat dan terkadang kurang baku.

11
Volume Suara
3
Dari kelima penilai memberikan skor nilai 3 hal itu terjadi karena, volume suara guru sudah cukup baik, lantang dan jelas namun terkadang tersendat-sendat.

12
Keterampilan Menutup
2
Keterampilan menutup sudah cukup baik terlihat dari kelima penilai banyak yang memeberikan skor nilai 2.




Jumlah Skor


Pringsewu,   28 Mei 2017
                                                                                       Penilai,

(Nanang Arifin)
NPM 14040072
Keterangan : 
a.       10-40= kurang baik
b.      40-60 = cukup
c.       60-80 = baik
d.      80-100 = sangat baik

Simpulan :
Berdasarkan data skor nilai akhir di atas dapat diketahui guru mendapatkan niali 57,5 dan dilihat dari keterangan nilai dapat disimpulkan bahwa guru tersebut sudah cukup dalam melakukan kegiatan keterampilan dasar mengajar yang diukur dari keterangan nilai rentang 40-60 adalah cukup.  Tentu saja guru masih banyak koreksinya untuk menjadi lebih baik dalam keterampilan dasar mengajar untuk mendapat kategori baik atau sangat baik guru harus banyak belajar kembali dan lebih memahami kembali tentang bagaimana keterampilan dasar mengajar yang baik demi terwujudnya suatu tujuan pendidikan yang baik.

Tim Penilai Sebelumnya :
No
Nama
NPM
Paraf
1
Asih Safita
14040065

2
Hendri Sukmawan
14040068

3
Wildan Amadi
14040069

4
Cici Tri Handayani
14040075

5
Siti Juwariyah
14040078


Tidak ada komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda