PENILAIAN
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Nama
:
Hari,
Tanggal : Senin, 8 Mei 2017
Kelas/SMT : VIII/
Ganjil
KD : Teks Diskusi
No
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
Deskripsi Penilaian
|
Perhitungan Skor
|
1
|
Keterampilan
Membuka
|
2
|
Dari
kelima penilai, semuanya kompak memberikan skor 2, keterampilan membuka sudah
cukup tetapi, pada keterampilan membuka guru masih terlihat lemah diantaranya, guru tidak menyampaikan tujuan
pembelajaran. Ketika cara membuka guru sudah baik namun, akan kurang ketika
guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan terlebih jika tidak
mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
|
|
2
|
Keterampilan
Menjelaskan
|
3
|
Pada
keterampilan menjelaskan yang dilakukan oleh guru sudah baik. Diantara kelima
penilai, dua penilai memberikan skor 2 dan tiga penilai memberikan skor 3.
Berdasarkan data skor yang diberikan penilai, maka guru tersebut mendapat
skor 3. Maka, dapat dikatakan bahwa guru sudah baik dalam menjelaskan. Namun,
masih terdapat kekurangan diantaranya guru kurang menguasai materi secara maksimal dalam
materi pembelajaran.
|
|
3
|
Keterampilan
Bertanya
|
2
|
Pada
keterampilan bertanya guru sudah cukup baik. Diantara kelima penilai, empat penilai memberikan skor 2 dan satu penilai memberikan skor 3. Berdasarkan
data skor yang diberikan penilai, maka guru tersebut mendapat skor 2. Maka, dapat dikatakan bahwa guru masih butuh mengasah keterampilannya
karena dalam keterampilan bertanya guru tidak mendekati, akan lebih baik jika guru
mendekati siswa dan menanyakan kesulitan
siswa sehingga siswa yang pemalu tidak merasa sungkan untuk bertanya.
|
|
4
|
Keterampilan
Memberi Penguatan
|
2
|
Dari
kelima penilai, semuanya kompak memberikan skor 2, Terbukti bahwa guru perlu meningkatkan keterampilan
meningkatkan penguatan karena dalam proses pembelajaran belum terlihat jelas
dan kurang bervariasi.
|
|
5
|
Keterampilan
Menggunakan Media
|
3
|
Sudah
baik dalam keterampilan menggunakan media. Terlihat penilai yang objektif
memberikan nilai 3. Itu berarti dalam keterampilan menggunakan media, guru
sudah cukup baik. Guru menggunakan LCD, laptop, power point.
|
|
6
|
Keterampilan
Mengelola Kelas
|
2
|
Diantara
kelima penilai, tiga penilai
memberikan skor 2 dan dua penilai memberikan skor 3. Dari kelima penilai
dapat dilihat bahwa banyak yang
memberikan
skor 2 pada guru dalam keterampilan mengelola kelas. Itu terbukti bahwa guru
kurang menguasai keterampilan mengelola kelas.
|
|
7
|
Keterampilan
Mengadakan Variasi
|
2
|
Diantara
kelima penilai, empat
penilai memberikan skor 2 dan satu penilai memberikan skor 3. Dapat dilihat pada
pemberian nilai bahwa banyak yang memberikan nilai 2 maka dari itu guru masih
kurang dalam keterampilan mengadakan variasi diantaranya cara mengajar yang
tidak biasa-biasa saja.
|
|
8
|
Keterampilan
Mengajar Perorangan dan Kelompok Diskusi Kecil
|
2
|
Diantara
kelima penilai, tiga penilai
memberikan skor 2 dan dua penilai memberikan skor 3. Dari kelima penilai
dapat dilihat bahwa banyak yang
memberikan
skor 2 pada guru dalam keterampilan mengajar masih perlu ditingkatkan. Itu terbukti bahwa
guru kurang menguasai keterampilan mengelola kelas. dalam menerapkan kelompok kecil belum mencapai tujuan
dan belum terlihatnya pengelolaan perorangan
|
|
9
|
Keterampilan
Menggunakan Model, Strategi, dan Metode
|
2
|
Diantara
kelima penilai, tiga penilai
memberikan skor 2 dan dua penilai memberikan skor 3. Dari kelima penilai
dapat dilihat bahwa banyak yang
memberikan
skor 2 Guru dalam menggunakan keterampilan menggunakan model, strategi, dan
metode sudah cukup baik namun terkadang masih belum terlihat dan kurang menarik.
|
|
10
|
Penggunaan
Bahasa
|
3
|
Diantara
kelima penilai, empat penilai
memberikan skor 3
dan satu penilai
memberikan skor 2.
Dari kelima penilai dapat dilihat bahwa banyak yang memberikan skor 3 penggunaan bahasa guru sudah baik guru dapat menggunakan
bahasa yang baik namun terkadang ada kelemahannya dalam menggunakan bahasa
masih terlihat tersendat dan terkadang kurang baku.
|
|
11
|
Volume
Suara
|
3
|
Dari
kelima penilai memberikan skor nilai 3
hal itu terjadi karena, volume
suara guru sudah cukup baik, lantang dan jelas namun terkadang tersendat-sendat.
|
|
12
|
Keterampilan
Menutup
|
2
|
Keterampilan
menutup sudah cukup baik terlihat dari kelima penilai banyak yang memeberikan
skor nilai 2.
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
Pringsewu,
28 Mei 2017
Penilai,
(Nanang
Arifin)
NPM
14040072
Keterangan :
a. 10-40=
kurang baik
b. 40-60
= cukup
c. 60-80
= baik
d. 80-100
= sangat baik
Simpulan
:
Berdasarkan
data skor nilai akhir di atas dapat diketahui guru mendapatkan niali 57,5
dan dilihat dari keterangan nilai dapat disimpulkan bahwa guru tersebut sudah
cukup dalam melakukan kegiatan keterampilan dasar mengajar yang diukur dari
keterangan nilai rentang 40-60 adalah cukup.
Tentu saja guru masih banyak koreksinya untuk menjadi lebih baik dalam
keterampilan dasar mengajar untuk mendapat kategori baik atau sangat baik guru
harus banyak belajar kembali dan lebih memahami kembali tentang bagaimana
keterampilan dasar mengajar yang baik demi terwujudnya suatu tujuan pendidikan
yang baik.
Tim
Penilai Sebelumnya :
No
|
Nama
|
NPM
|
Paraf
|
1
|
Asih Safita
|
14040065
|
|
2
|
Hendri Sukmawan
|
14040068
|
|
3
|
Wildan Amadi
|
14040069
|
|
4
|
Cici Tri
Handayani
|
14040075
|
|
5
|
Siti Juwariyah
|
14040078
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar