SILABUS PEMBELAJARAN
|
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Nama Sekolah : SMP
Kelas : VII (Tujuh)
Nama Guru : NANANG ARIFIN, S.Pd.
NIP / NIK : -
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas : VII
Alokasi Waktu : 5 Jam Pelajaran/Minggu
Kompetensi Inti (KI) :
· KI-1 (Spiritual) : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
· KI-3 (Soasial) : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
· KI-3
(Pengetahuan) : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
· KI 4
(Keterampilan) : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi
Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1 Menerapkan konsep
pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain,
dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku)
dalam pengukuran
4.1 Menyajikan data
hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk
hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan
satuan baku
|
Objek Ilmu Pengetahuan Alam
dan pengamatannya
·
Pengukuran
·
Besaran Pokok dan turunan
·
Satuan baku dan tak baku
|
·
Mengamati diri sendiri dan teman,
serta benda-benda yang ada di sekitar untuk melihat ciri-ciri yang dapat
diamati seperti tinggi badan, warna rambut, warna kulit
·
Mengukur panjang benda dengan hasil
bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam
pengukuran
·
Mengumpulkan informasi mengenai
berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari,
misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi,
konsentrasi larutan, laju pertumbuhan tanaman, dan lain-lain.
·
Melakukan percobaan mengukur besaran
panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku untuk
mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku
·
Menyajikan hasil percobaan tentang
pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan
mendiskusikannya dengan teman
|
3.2 Mengklasifikasi-kan
makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
4.2 Menyajikan hasil
pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan
karakteristik yang diamati
|
Klasifikasi
·
Makhluk hidup dan benda tak hidup
·
Ciri-ciri makhluk hidup
·
Klasifikasi makhluk hidup
·
Pengenalan mikroskop
|
·
Mengamati manusia, tumbuhan, hewan,
dan benda di lingkungan sekitar, gejala-gejala kehidupan yang menunjukkan
ciri-ciri mahluk hidup serta pengelompok-kannya dengan indera dan dengan
bantuan mikroskop
·
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk
dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar
·
Mengumpulkan informasi mengenai
klasifikasi mahluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang diidentifikasi,
misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan animalia
·
Menyajikan hasil mengklasifikasi
makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan
teman
|
3.3 Memahami konsep
campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia,
perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Menyajikan hasil
penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan
kimia, atau pemisahan campuran
|
Zat dan Karakteristiknya
·
Zat Padat, Cair, dan Gas
·
Unsur, Senyawa, dan Campuran
·
Sifat fisika dan kimia
·
Perubahan fisika dan kimia
|
·
Mengamati berbagai benda dalam
kehidupan sehari-hari yang mengalami perubahan, misalnya air menjadi es, es
menjadi air, air menjadi uap, kertas dibakar menjadi abu, besi berkarat,
makanan menjadi basi, dll
·
Melakukan penyelidikan karakteristik
zat (padat, cair, dan gas) serta mengumpulkan informasi mengenai unsur,
senyawa, dan campuran
·
Melakukan penyelidikan asam, basa,
dan garam menggunakan indikator buatan dan alami
·
Melakukan percobaan teknik pemisahan
campuran, misalnya melalui penyulingan, kromatografi, atau penyubliman
·
Menyajikan hasil penyelidikan sifat
fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
danmendiskusikannya dengan teman
|
3.4 Memahami konsep
suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan
hewan
4.4 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda
serta perpindahan kalor
|
Suhu dan Kalor
·
Suhu
·
Alat pengukur suhu
·
Pemuaian
·
Kalor
·
Perpindahan kalor
·
Kestabilan suhu tubuh makhluk hidup
dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mengamati peristiwa dalam kehidupan
sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud benda setelah menerima atau
melepas kalor
·
Melakukan percobaan mengukur suhu
benda menggunakan thermometer serta menyelidiki pemuaian pada benda padat,
cair, dan gas
·
Melakukan percobaan untuk
menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda serta
perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
·
Mengumpulkan informasi mengenai
berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan
sehari-hari
·
Menyajikan hasil percobaan dalam
bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman
|
3.5 Memahami konsep
energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari termasuk fotosintesis
4.5. Menyajikan hasil
percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis
|
Energi
·
Bentuk-bentuk energi
·
Sumber energi
·
Perubahan bentuk energi
·
Transformasi energi dalam sel
·
Fotosintesis
·
Respirasi
|
·
Mengamati berbagai aktivitas manusia
dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan penggunaan energi dan krisis
energi
·
Meyelidiki sumber energi dan
perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percobaan
·
Mengumpulkan informasi mengenai
perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya
dengan berat badan
·
Menyajikan hasil percobaan perubahan
bentuk energi dan percobaan fotosintesis dan respirasi dalam bentuk laporan
tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
|
3.6 Memahami sistem organisasi kehidupan mulai
dari tingkat sel sampai organism dan
komposisi utama penyusun sel
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan
|
Sistem Organisasi Kehidupan
·
Sel
·
Jaringan
·
Organ
·
Sistem organ
·
Organisme
|
·
Mengamati torso manusia atau organ tubuh bagian
dalam dari ikan/katak/ burung/kadal
·
Mengindetifikasi perbedaan antara
sel, jaringan, organ, dan sistem organ pada hewan dan tumbuhan melalui
pengamatan mikroskopik dan makroskopik
·
Membuat model struktur sel hewan
atau tumbuhan menggunakan bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar dan
mendiskusikan hasilnya
|
3.7 Menganalisis
interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat
interaksi tersebut
4.7 Menyajikan hasil
pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
|
Makhluk Hidup dan Lingkungan
·
Interaksi antara makhluk hidup dan
lingkungan
·
Dinamika populasi
|
·
Mengamati ekosistem buatan berupa
akuarium atau kolam ikan, difokuskan pada komponen biotik dan abiotik serta
interaksi yang terjadi di dalamnya
·
Melakukan penyelidikan untuk
mengidentifikasi komponen abiotik dan biotik yang ada pada lingkungan sekitar
serta interaksi yang terjadi didalamnya dalam bentuk rantai makanan,
jaring-jaring makanan, dan simbiosis
·
Melakukan percobaan pertumbuhan
populasi terhadap ketersediaan ruang dan lahan pertanian serta dampaknya bagi
lingkungan
·
Membuat laporan hasil percobaan
interaksi antara komponen biotik dan abiotik serta dampak dinamika populasi
dan mendiskusi-kannya dengan teman.
|
3.8 Menganalisis
terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
4.8 Membuat tulisan tentang gagasan
penyelesaian masalah pencemaran di
lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan
|
Pencemaran Lingkungan
·
Pencemaran udara
·
Pencemaran air
·
Pencemaran tanah
·
Dampak pencemaran bagi ekosistem
|
·
Mengamati berbagai pencemaran
dilingkungan sekitar
·
Mengumpulkan informasi serta
menganalisis penyebab dan dampak pencemaran udara, air, dan tanah bagi
ekosistem, merumuskan masalah serta
mengajukan penyelesaian masalahnya
·
Membuat laporan tentang penyelesaian
masalah pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar
|
3.9 Memahami
perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem
4.9 Membuat tulisan
tentang gagasan adaptasi/ penanggulangan
masalah perubahan iklim
|
Perubahan Iklim
·
Penyebab terjadinya perubahan iklim
·
Dampak perubahan iklimbagi ekosistem
|
·
Mengamati tayangan tentang dampak
perubahan iklim
·
Mengumpulkan informasi mengenai
proses dan dampak terjadinya perubahan iklim bagi ekosistem
·
Mengajukan gagasan tentang
penanggulangan masalah perubahan iklim dalam bentuk laporan tertulis, dan
mempresentasikan gagasannya untuk ditanggapi temannya
|
3.10 Memahami lapisan bumi, gunung api, gempa
bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana
sesuai ancaman bencana di daerahnya
4.10 Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan
dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi
bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya
|
Lapisan Bumi dan Bencana
·
Lapisan bumi
·
Gunung api
·
Gempa bumi dan tsunami
·
Tindakan tanggap bencana
|
·
Mengamati tayangan atau model lapisan
bumi
·
Mengumpulkan informasi mengenai
lapisan bumi dan mekanisme terjadinya letusan gunung berapi, gempa bumi, dan
tsunami
·
Menyajikan hasil studi literatur
tentang penanggulangan resiko dan dampak bencana alam dalam bentuk presentasi
·
Berlatih tindakan penyelamatan diri
pada saat terjadi bencana alam
|
3.11 Memahami sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi
dan bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di
bumi
4.11 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi
bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau
penelusuran berbagai sumber informasi
|
Tata Surya
·
Sistem tata surya
·
Karakteristik anggota tata surya
·
Matahari sebagai bintang
·
Dampak rotasi dan revolusi bumi bagi
kehidupan di bumi
·
Gerhana bulan dan matahari
·
Terjadinya pasang surut
|
·
Mengamati model sistem tata surya
·
Mendiskusikan orbit planet
·
Mengidentifikasi karakteristik
anggota tata surya serta dampak rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan
·
Mensimulasikan terjadinya siang dan
malam, fase-fase bulan dan proses terjadinya gerhana
·
Mengumpulkan informasi mengenai
gerhana bulan dan matahari serta pengaruhnya terhadap pasang surut air laut
·
Membuat laporan tertulis tentang
dampak rotasi dan revolusi bumi serta bulan bagi kehidupan dan
mendiskusikannya dengan teman
|