PENILAIAN KETERAMPILAN DASAR
MENGAJAR
Nama :
Hari, Tanggal :
Senin, 8 Mei 2017
Kelas/SMT : VII/ Ganjil
KD : Teks Deskripsi
No
|
Kriteria
Penilaian
|
Skor
|
Deskripsi
Penilaian
|
Perhitungan
Skor
|
1
|
Keterampilan Membuka
|
2
|
Dari kelima penilai,
semuanya kompak memberikan skor 2, keterampilan membuka sudah cukup tetapi,
pada keterampilan membuka guru masih terlihat lemah diantaranya, guru tidak menyampaikan tujuan
pembelajaran. Ketika cara membuka guru sudah baik namun, akan kurang ketika
guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan terlebih jika tidak
mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
|
|
2
|
Keterampilan
Menjelaskan
|
3
|
Pada keterampilan
menjelaskan yang dilakukan oleh guru sudah baik. Diantara kelima penilai, dua
penilai memberikan skor 2 dan tiga penilai memberikan skor 3. Berdasarkan
data skor yang diberikan penilai, maka guru tersebut mendapat skor 3. Maka,
dapat dikatakan bahwa guru sudah baik dalam menjelaskan. Namun, masih
terdapat kekurangan diantaranya guru terlalu banyak ceramah dalam menjelaskan
karena seharusnya guru harus dapat memancing pengetahuan siswa.
|
7,5
|
3
|
Keterampilan Bertanya
|
2
|
Pada keterampilan
bertanya guru sudah cukup baik. Dari kelima penilai semuanya memberikan skor
2 karena dalam keterampilan bertanya guru tidak mendekati siswa dan
menanyakan kesulitan-kesulitan siswa. Karena akan lebih baik jika guru
mendekati siswa dan menanyakan kesulitan siswa sehingga siswa yang pemalu
tidak merasa sungkan untuk bertanya.
|
|
4
|
Keterampilan Memberi
Penguatan
|
2
|
Pada keterampilan
memberi penguatan, guru sudah cukup baik da nada juga yang mengatakan kurang
memberikan penguatan, terlihat pada penilai yang diantara kelima penilai dua
diantaranya memberikan skor 2, dua penilai memberikan skor 1 dan satu penilai
memberikan skor 3. Karena lebih objektif penilaian yang skor 2 maka dapat
disimpulkan guru memperoleh skor 2.
|
|
5
|
Keterampilan
Menggunakan Media
|
3
|
Sudah baik dalam
keterampilan menggunakan media. Terlihat penilai yang objektif memberikan
nilai 3. Itu berarti dalam keterampilan menggunakan media, guru sudah cukup
baik. Guru menggunakan LCD, laptop, power point dan media teks.
|
|
6
|
Keterampilan
Mengelola Kelas
|
2
|
Dari kelima penilai
dapat dilihat bahwa banyak yeng memberikan skor 2 pada guru dalam keterampilan
mengelola kelas. Itu terbukti bahwa guru kurang menguasai keterampilan
mengelola kelas. Guru kurang bisa membuat suasana kelas yang kondusif
dmengendalikan.
|
|
7
|
Keterampilan
Mengadakan Variasi
|
2
|
Dapat dilihat pada
pemberian nilai bahwa banyak yang memberikan nilai 2 maka dari itu guru masih
kurang dalam keterampilan mengadakan variasi diantaranya cara mengajar yang
tidak biasa-biasa saja ataupun pemberian motivasi yang dapat memotivasi
siswa.
|
|
8
|
Keterampilan Mengajar
Perorangan dan Kelompok Diskusi Kecil
|
2
|
Sudah cukup guru
dalam keterampilan mengajar perorangan dan kelompok diskusi kecil terlihat
penilai lebih banyak memberikan skor nilai 2. Di sini terlihat masih adanya
kekurangan guru yang terlihat guru dalam mengajar perorangan dan membimbing
diskusi kelompok belum terlihat seimbang.
|
|
9
|
Keterampilan
Menggunakan Model, Strategi, dan Metode
|
2
|
Guru dalam
menggunakan keterampilan menggunakan model, strategi, dan metode sudah cukup
baik namun terkadang masih belom terlihat. Hal itu ditandai adanya penilaian
para penilai yang banyak memberikan skor nilai 2
|
|
10
|
Penggunaan Bahasa
|
3
|
Penggunaan bahasa
oelh guru sudah baik guru dapat menggunakan bahasa yang baika namun terkadang
ada kelemahannya dalam menggunakan bahasa masih terlihat tersendat. Hal itu
dapat dibuktikan pada penilai yang banyak memebrikan nilai skor 3.
|
|
11
|
Volume Suara
|
2
|
Dari kelima penilai
banyak yang memberikan skor nilai 2 hal itu terjadi karena, volumw suara guru
sudah cukup baik namun, terkadang masih kurang terdengar dengan jelas.
|
|
12
|
Keterampilan Menutup
|
2
|
Keterampilan menutup
sudah cukup baik terlihat dari kelima penilai banyak yang memeberikan skor
nilai 2.
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
56,25
= 56,3
|
Pringsewu, 28 Mei 2017
Penilai,
(Puji Lestari)
NPM 14040042
Keterangan
:
a. 10-40=
kurang baik
b. 40-60
= cukup
c. 60-80
= baik
d. 80-100
= sangat baik
Simpulan :
Berdasarkan data skor
nilai akhir di atas dapat diketahui guru mendapatkan niali 56,3 dan dilihat
dari keterangan nilai dapat disimpulkan bahwa guru tersebut sudah cukup dalam
melakukan kegiatan keterampilan dasar mengajar yang diukur dari keterangan
nilai rentang 40-60 adalah cukup. Tentu
saja guru masih banyak koreksinya untuk menjadi lebih baik dalam keterampilan
dasar mengajar untuk mendapat kategori baik atau sangat baik guru harus banyak
belajar kembali dan lebih memahami kembali tentang bagaimana keterampilan dasar
mengajar yang baik demi terwujudnya suatu tujuan pendidikan yang baik.
Tim Penilai Sebelumnya :
No
|
Nama
|
NPM
|
Paraf
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|