Selasa, 25 Juni 2019

PENILAIAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR


PENILAIAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

Nama                           : 
Hari, Tanggal              :  Senin, 8 Mei 2017
Kelas/SMT                  :  VII/ Ganjil
KD                              :  Teks Deskripsi
No
Kriteria Penilaian
Skor
Deskripsi Penilaian
Perhitungan Skor
1
Keterampilan Membuka
2
Dari kelima penilai, semuanya kompak memberikan skor 2, keterampilan membuka sudah cukup tetapi, pada keterampilan membuka guru masih terlihat lemah  diantaranya, guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Ketika cara membuka guru sudah baik namun, akan kurang ketika guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan terlebih jika tidak mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

2
Keterampilan Menjelaskan
3
Pada keterampilan menjelaskan yang dilakukan oleh guru sudah baik. Diantara kelima penilai, dua penilai memberikan skor 2 dan tiga penilai memberikan skor 3. Berdasarkan data skor yang diberikan penilai, maka guru tersebut mendapat skor 3. Maka, dapat dikatakan bahwa guru sudah baik dalam menjelaskan. Namun, masih terdapat kekurangan diantaranya guru terlalu banyak ceramah dalam menjelaskan karena seharusnya guru harus dapat memancing pengetahuan siswa.
 7,5
3
Keterampilan Bertanya
2
Pada keterampilan bertanya guru sudah cukup baik. Dari kelima penilai semuanya memberikan skor 2 karena dalam keterampilan bertanya guru tidak mendekati siswa dan menanyakan kesulitan-kesulitan siswa. Karena akan lebih baik jika guru mendekati siswa dan menanyakan kesulitan siswa sehingga siswa yang pemalu tidak merasa sungkan untuk bertanya.
4
Keterampilan Memberi Penguatan
2
Pada keterampilan memberi penguatan, guru sudah cukup baik da nada juga yang mengatakan kurang memberikan penguatan, terlihat pada penilai yang diantara kelima penilai dua diantaranya memberikan skor 2, dua penilai memberikan skor 1 dan satu penilai memberikan skor 3. Karena lebih objektif penilaian yang skor 2 maka dapat disimpulkan guru memperoleh skor 2.
5
Keterampilan Menggunakan Media
3
Sudah baik dalam keterampilan menggunakan media. Terlihat penilai yang objektif memberikan nilai 3. Itu berarti dalam keterampilan menggunakan media, guru sudah cukup baik. Guru menggunakan LCD, laptop, power point dan media teks.
6
Keterampilan Mengelola Kelas
2
Dari kelima penilai dapat dilihat bahwa banyak yeng memberikan skor 2 pada guru dalam keterampilan mengelola kelas. Itu terbukti bahwa guru kurang menguasai keterampilan mengelola kelas. Guru kurang bisa membuat suasana kelas yang kondusif dmengendalikan.
7
Keterampilan Mengadakan Variasi 
2
Dapat dilihat pada pemberian nilai bahwa banyak yang memberikan nilai 2 maka dari itu guru masih kurang dalam keterampilan mengadakan variasi diantaranya cara mengajar yang tidak biasa-biasa saja ataupun pemberian motivasi yang dapat memotivasi siswa.
8
Keterampilan Mengajar Perorangan dan Kelompok Diskusi Kecil
2
Sudah cukup guru dalam keterampilan mengajar perorangan dan kelompok diskusi kecil terlihat penilai lebih banyak memberikan skor nilai 2. Di sini terlihat masih adanya kekurangan guru yang terlihat guru dalam mengajar perorangan dan membimbing diskusi kelompok belum terlihat seimbang.
9
Keterampilan Menggunakan Model, Strategi, dan Metode
2
Guru dalam menggunakan keterampilan menggunakan model, strategi, dan metode sudah cukup baik namun terkadang masih belom terlihat. Hal itu ditandai adanya penilaian para penilai yang banyak memberikan skor nilai 2
10
Penggunaan Bahasa
3
Penggunaan bahasa oelh guru sudah baik guru dapat menggunakan bahasa yang baika namun terkadang ada kelemahannya dalam menggunakan bahasa masih terlihat tersendat. Hal itu dapat dibuktikan pada penilai yang banyak memebrikan nilai skor 3.
11
Volume Suara
2
Dari kelima penilai banyak yang memberikan skor nilai 2 hal itu terjadi karena, volumw suara guru sudah cukup baik namun, terkadang masih kurang terdengar dengan jelas.
12
Keterampilan Menutup
2
Keterampilan menutup sudah cukup baik terlihat dari kelima penilai banyak yang memeberikan skor nilai 2.



Jumlah Skor
56,25 = 56,3

Pringsewu,   28 Mei 2017
                                                                                       Penilai,

(Puji Lestari)
NPM 14040042
Keterangan :  
a.       10-40= kurang baik
b.      40-60 = cukup
c.       60-80 = baik
d.      80-100 = sangat baik

Simpulan :
Berdasarkan data skor nilai akhir di atas dapat diketahui guru mendapatkan niali 56,3 dan dilihat dari keterangan nilai dapat disimpulkan bahwa guru tersebut sudah cukup dalam melakukan kegiatan keterampilan dasar mengajar yang diukur dari keterangan nilai rentang 40-60 adalah cukup.  Tentu saja guru masih banyak koreksinya untuk menjadi lebih baik dalam keterampilan dasar mengajar untuk mendapat kategori baik atau sangat baik guru harus banyak belajar kembali dan lebih memahami kembali tentang bagaimana keterampilan dasar mengajar yang baik demi terwujudnya suatu tujuan pendidikan yang baik.


Tim Penilai Sebelumnya :
No
Nama
NPM
Paraf
1



2



3



4



5





Postingan Lebih Baru Postingan Lama Beranda